Apa Itu Floaters Mata

May 4, 2024 by markbro
artikel-2024-05-04T124644.031.png

Floaters mata, atau opacities vitreous, adalah kondisi di mana Anda mengalami bercak kecil di mata Anda yang menghalangi bidang penglihatan Anda. Floaters mata dapat berbentuk senar, sarang laba-laba, atau bintik-bintik hitam atau abu-abu yang melayang ketika Anda menggerakkan mata Anda dan tampak melesat jika Anda mencoba melihatnya dengan seksama.

Sebagian besar floaters mata adalah akibat dari perubahan yang terjadi seiring bertambahnya usia karena zat seperti jeli (vitreous) di dalam mata menjadi lebih cair. Serat kecil yang ada di vitreous cenderung menggumpal dan membentuk bayangan kecil pada retina Anda. Floaters adalah bayangan.

Jika Anda tiba-tiba melihat floaters di mata Anda, segera hubungi dokter. Jika Anda melihat cahaya berkedip atau kehilangan penglihatan tepi Anda, itu bisa menjadi gejala keadaan darurat yang membutuhkan perhatian segera.

 

Gejala Floaters Mata

Floaters mata biasanya menunjukkan gejala berikut:

  • Bercak pada langit yang terlihat seperti rangkaian material yang mengambang atau bintik gelap.
  • Bercak bergerak saat Anda menggerakkan mata Anda, jadi saat Anda mencoba melihatnya, bercak akan dengan cepat bergerak ke luar penglihatan Anda.
  • Bercak terlihat paling jelas saat Anda melihat latar belakang yang terang dan polos, seperti dinding putih atau langit biru.
  • Bercak yang akhirnya hilang dari pandangan Anda.

Bayangan ini bergerak di sekitar mata Anda, seperti namanya. Saat Anda mencoba untuk fokus, bayangan tersebut sering menghindar. Ketika Anda mengalami kondisi ini, biasanya tidak akan hilang, tetapi dapat membaik dengan waktu.

Kemungkinan ada gejala dan tanda-tanda yang tidak disebutkan di atas. Konsultasikan dengan dokter Anda jika Anda khawatir tentang gejala tertentu.

 

Penyebab Floaters Mata

Kebanyakan floaters adalah kolagen, bintik kecil protein yang termasuk dalam gel seperti vitreous di bagian belakang mata. Kualitas penglihatan Anda cenderung menurun dengan bertambahnya usia. Bagian-bagian kecil yang menggumpal terbentuk dari serat protein yang membentuk vitrous. Floaters adalah bayangan yang muncul pada retina. Anda mungkin melihat kilatan karena vitreous telah ditarik dari retina.

Beberapa penyebab floaters mata adalah sebagai berikut:

  • Perubahan pada mata yang berhubungan dengan usia
    Kondisi ini paling sering terjadi karena perubahan pada vitreous yang terkait dengan usia; zat seperti jeli memenuhi bola mata dan membantu menjaga bentuknya. Dengan waktu, vitreous mencair dan menyusut. Sebagian besar cahaya yang masuk ke dalam mata dihalangi oleh sisa-sisa vitreous yang menggumpal. Ini menyebabkan bayangan kecil pada retina.
  • Proses inflamasi di belakang mata
    Posterior uveitis adalah peradangan pada lapisan uvea di belakang mata, yang dapat menyebabkan bayangan pada mata. Ini dapat terjadi karena penyakit peradangan atau infeksi.
  • Darah di mata
    Perdarahan pada vitreous dapat merusak dan mengganggu pembuluh darah.
  • Retina yang pecah
    Saat vitreous yang menyusut tersangkut pada retina dan merobeknya, robekan retina dapat terjadi. Tanpa perawatan yang tepat, robekan retina dapat menyebabkan retinal detachment, akumulasi cairan di belakang retina yang memisahkan retina dari mata, yang dapat menyebabkan kehilangan penglihatan permanen.
  • Pengobatan dan operasi mata
    Gelembung udara dapat terjadi ketika obat tertentu ditambahkan ke cairan vitreus. Sampai mata Anda menyerap gelembung ini, Anda akan menganggapnya sebagai bayangan. Dalam beberapa prosedur, gelembuk minyak silikon dimasukkan ke dalam vitreous, yang dapat muncul sebagai bayangan atau bintik kecil pada mata.
  • Diabetes retinopati
    Diabetes dapat menyebabkan kerusakan pembuluh darah yang mengarah ke retina. Jika pembuluh darah ini rusak, retina mungkin tidak dapat menangkap gambar dan cahaya.

 

Jika Anda merasakan gangguan mata yang berkelanjutan, segera kunjungi Surabaya Eye Clinic untuk mendapatkan perawatan dan pengobatan yang tepat bagi mata Anda.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi kami di:

  • (031) 8495502
  • (031) 8433050
  • 082143717979 (WA only)

Atau Anda bisa kunjungi Surabaya Eye Clinic di Jalan Raya Jemursari No. 108, Surabaya, Indonesia

markbro



Our Vision


No person with a blinding condition, eye disease, or visual impairment should be without hope, understanding, and treatment.


Contact Us


Hubungi Kami

(031) 8495502, (031) 8433050
082143717979 ( WA only)


Kunjungi Kami

Jalan Raya Jemursari No. 108,
Surabaya, Indonesia


Email Kami

admin@surabayaeyeclinic.id



Lokasi Kami



Media Sosial


Instagram


facebook


Twitter


Youtube




CopyRight, 2024 | Managed by Markbro




WeCreativez WhatsApp Support
Tim CS Kami Siap Membantu Anda. Silahkan Tanya Kami!