Mata Anda Gatal Di Malam Hari? Ini Penyebabnya

May 8, 2024 by markbro
artikel-2024-05-08T155706.162.png

Pernah mengalami mata gatal tetapi hanya pada waktu tertentu? Gatal di mata biasanya terjadi di siang hari, tetapi banyak orang yang mengaku gatal di malam hari. Ini membuat tidak nyaman dan bahkan mengganggu aktivitas harian.

Faktor utama mengapa mata gatal di malam hari adalah karena Anda terlalu sibuk melakukan aktivitas di siang hari sehingga Anda tidak menyadari rasa tidak nyaman di mata Anda. Pada akhirnya, rasa gatal baru terasa di malam hari ketika aktivitas Anda berkurang. Namun sebenarnya, mata gatal malam hari Anda punya beberapa penyebab

 

Penyebab Mata Gatal di Malam Hari

  • Respon alergi
    Di malam hari, mata mungkin gatal karena alergi yang menyerang mata atau kelopak mata. Ini mungkin karena terkena debu, polusi, asap rokok, atau bulu saat beraktivitas seharian. Seseorang juga dapat mengalami reaksi alergi jika tidak sengaja terkena produk pembersih atau perawatan pribadi seperti sabun, deterjen, parfum, cat kuku, pewarna rambut, dan lainnya. Riasan wajah, khususnya riasan mata seperti eyeliner, eyeshadow, dan maskara, dapat menyebabkan mata gatal pada malam hari bahkan tanpa Anda sadari. Ini karena kelopak mata sangat sensitif terhadap berbagai alergen yang ada di sekitar Anda.
  • Mata yang kering
    Mata kering sering ditandai dengan berair, gatal, mengganjal, peka terhadap cahaya, dan kemerahan. Jika tidak diobati segera, kondisi ini dapat semakin parah, terutama pada malam hari. Mata kering mungkin membuat pandangan Anda terganggu dan sulit melihat jelas di malam hari. Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan obat tetes mata kering yang dapat Anda beli tanpa resep dokter.
  • Konjungtivitis
    Infeksi yang terjadi di konjungtiva, yaitu membran transparan antara kelopak dan bagian putih mata, dikenal sebagai konjungtivitis. Sakit mata yang ditandai dengan mata yang tampak kemerahan dan gatal sepanjang hari, termasuk di malam hari.
  • Mata yang lelah
    Kelelahan mata dapat menjadi penyebab mata gatal pada malam hari Anda. Biasanya karena terlalu lama menatap layar ponsel, berkendara jarak jauh, atau terlalu lama menatap layar monitor. Membaca di bawah cahaya redup di malam hari juga bisa membuat mata Anda lelah. Penglihatan kabur, sakit kepala, sensitivitas terhadap cahaya, dan kesulitan membuka mata dengan normal adalah gejala umum dari kondisi ini.
  • Blefaritis
    Belfaritis adalah peradangan di kelopak mata, tepat di tempat pertumbuhan bulu mata. Kondisi ini dapat terjadi ketika bakteri, tungau, atau debu menutup kelenjar minyak pada folikel rambut di kelopak mata. Kelopak Anda mungkin berkerak dan gatal. Di malam hari, semua gejala ini akan memburuk.

 

Jika Anda merasakan gangguan mata yang berkelanjutan, segera kunjungi Surabaya Eye Clinic untuk mendapatkan perawatan dan pengobatan yang tepat bagi mata Anda.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi kami di:

  • (031) 8495502
  • (031) 8433050
  • 082143717979 (WA only)

Atau Anda bisa kunjungi Surabaya Eye Clinic di Jalan Raya Jemursari No. 108, Surabaya, Indonesia

markbro



Our Vision


No person with a blinding condition, eye disease, or visual impairment should be without hope, understanding, and treatment.


Contact Us


Hubungi Kami

(031) 8495502, (031) 8433050
082143717979 ( WA only)


Kunjungi Kami

Jalan Raya Jemursari No. 108,
Surabaya, Indonesia


Email Kami

admin@surabayaeyeclinic.id



Lokasi Kami



Media Sosial


Instagram


facebook


Twitter


Youtube




CopyRight, 2024 | Managed by Markbro




WeCreativez WhatsApp Support
Tim CS Kami Siap Membantu Anda. Silahkan Tanya Kami!