Apa Saja Pemeriksaan untuk Mata Juling

March 28, 2024 by markbro
artikel-2024-03-28T154730.697.png

Mata juling, juga dikenal sebagai strabismus, adalah salah satu gangguan penglihatan yang dapat menyerang orang dewasa dan anak-anak. Untuk memaksimalkan pengobatan, berbagai pemeriksaan harus dilakukan untuk memastikan jenis dan berat kejulingan mata. Berikut adalah lima pemeriksaan mata yang dapat dilakukan pada orang yang diduga mengalami mata juling.

 

Macam-macam Pemeriksaan Mata Juling

Untuk memastikan kebenaran mata juling, Anda dapat menjalani beberapa pemeriksaan berikut:

  • Test ketajaman mata
    Anda atau anak-anak yang dicurigai memiliki mata juling harus menjalani pemeriksaan tajam penglihatan atau visus. Penderita mata juling, terutama pada anak-anak, juga sering mengalami mata malas atau ambliopia. Tingkat umur anak dapat disesuaikan dengan pemeriksaan visus, juga dikenal sebagai ketajaman mata. Ini dapat dilakukan dengan anak di bawah dua tahun dengan alat khusus yang berisi gambar-gambar yang dapat disebutkan oleh anak. Jika anak-anak sudah dapat membaca huruf dengan baik, ketajaman mata mereka dapat diperiksa dengan huruf abjad, metode yang sama dengan yang digunakan untuk mengevaluasi orang dewasa.
  • Tes yang menunjukkan gerakan bola mata
    Test mata metode ini akan menilai pergerakan bola mata ke delapan arah mata angin dan posisi mata saat memandang ke depan. Sebuah senter kecil akan digunakan sebagai penunjuk arah yang harus diikuti oleh mata. Cover test juga akan dilakukan pada setiap arah mata angin.
  • Pemeriksaan cover
    Salah satu tujuan dari pemeriksaan ini adalah untuk menentukan apakah seseorang dengan mata yang terlihat normal sebenarnya mengalami kondisi juling yang tersembunyi. Tes akan dilakukan dengan bergantian menutup salah satu sisi mata. Selanjutnya, dokter mata akan memastikan apakah bola mata bergerak atau tidak. Dalam kondisi normal, bahkan ketika salah satu mata ditutup, tidak akan terjadi pergerakan bola mata.
  • Tes mata Hirschberg
    Tes ini dilakukan untuk mengukur tingkat kejulingan mata pada mata yang sudah terlihat juling dalam posisi normal. Setelah sebelumnya diminta untuk melihat benda tertentu di kejauhan, pemeriksaan dilakukan dengan menggunakan senter kecil yang diarahkan ke mata. Untuk mengetahui perkiraan derajat kejulingan, ukur pantulan cahaya senter dari tengah pupil ke titik baru. Namun, pada orang dengan mata juling, pantulan cahaya akan berada di arah yang berlawanan dengan mata juling.
  • Pemeriksaan bagian dalam bola mata
    Jenis tes mata ini dilakukan dengan menggunakan alat khusus yang disebut funduskopi untuk melihat bagian dalam bola mata. Pemeriksaan ini dilakukan pada kedua mata untuk mengidentifikasi kemungkinan gangguan di dalam bola mata, seperti kanker mata yang dikenal sebagai retinoblastoma.

 

Jika Anda merasakan gangguan mata yang berkelanjutan, segera kunjungi Surabaya Eye Clinic untuk mendapatkan perawatan dan pengobatan yang tepat bagi mata Anda.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi kami di:

  • (031) 8495502
  • (031) 8433050
  • 082143717979 (WA only)

Atau Anda bisa kunjungi Surabaya Eye Clinic di Jalan Raya Jemursari No. 108, Surabaya, Indonesia

markbro



Our Vision


No person with a blinding condition, eye disease, or visual impairment should be without hope, understanding, and treatment.


Contact Us


Hubungi Kami

(031) 8495502, (031) 8433050
082143717979 ( WA only)


Kunjungi Kami

Jalan Raya Jemursari No. 108,
Surabaya, Indonesia


Email Kami

admin@surabayaeyeclinic.id



Lokasi Kami



Media Sosial


Instagram


facebook


Twitter


Youtube




CopyRight, 2024 | Managed by Markbro




WeCreativez WhatsApp Support
Tim CS Kami Siap Membantu Anda. Silahkan Tanya Kami!