Apa Itu Mata Sayu Sebelah?

March 20, 2024 by markbro
1711007328605-1200x698.jpeg

Ptosis adalah kondisi di mana kelopak mata bagian atas turun atau membuat mata sayu. Ini dapat terjadi pada salah satu mata atau keduanya, dan dalam kasus yang lebih parah, pengidapnya juga dapat mengalami kesulitan untuk melihat. Pasalnya, kelopak mata yang sayu dapat menutupi pupil mata, menyebabkan seseorang tidak dapat melihat. Selain itu, kondisi ini dapat mengurangi kepercayaan diri seseorang dalam penampilan mereka.

 

Kenapa Mata Sayu Sebelah Bisa Terjadi

Perlu diingat bahwa siapa pun dapat mengalami kelopak mata yang turun atau mata sayu, bahkan anak-anak. Namun, kondisi mata sayu sebelah paling sering terjadi pada orang dewasa yang lebih tua. Hal ini tentunya dipicu oleh proses penuaan alami pada kulit dan tubuh. Karena itu, otot yang bertanggung jawab untuk mengangkat kelopak mata adalah otot levator mata.

Dengan bertambahnya usia, otot-otot di sekitar mata akan meregang, yang berarti kelopak mata akan lebih mudah jatuh. Mata sayu sebelah juga dapat disebabkan oleh beberapa hal lain, seperti trauma, atau mungkin disebabkan oleh masalah neurologis pada tubuh. Namun, kadang-kadang penyebab pasti dari mata sayu sebelah atau ptosis tidak diketahui.

Pada sisi lain, ptosis kongenital, yang merupakan kondisi bawaan lahir di mana otot levator mata tidak berkembang dengan baik, dapat menyebabkan masalah ini pada anak-anak. Anak-anak dengan ptosis ini juga dapat mengalami ambliopia, yang juga dikenal sebagai mata malas. Selain itu, gangguan ini dapat memperlambat atau membatasi penglihatan mereka.

 

Cara Mengatasi Mata Sayu Sebelah

Perawatan untuk mata sayu sebelah, juga dikenal sebagai ptosis, akan berbeda dan bergantung pada penyebab dan tingkat keparahannya. Sebagai contoh, dokter biasanya tidak akan memberikan pengobatan khusus untuk kondisi mata sayu yang disebabkan oleh faktor usia atau bawaan sejak lahir.  Karena kondisi tersebut sebenarnya tidak membahayakan kesehatan seseorang. Namun, seseorang dengan mata sayu sebelah dapat memilih untuk menjalani operasi plastik jika penampilannya dianggap mengganggu.

Dokter akan menyarankan perawatan medis jika kelopak mata yang turun menghalangi penglihatan pasien. Dokter juga mungkin menyarankan operasi jika diperlukan untuk mengatasi masalah ini. Di sisi lain, pilihan perawatan lain adalah menggunakan kruk ptosis, kacamata yang menahan kelopak mata. Ketika mata sayu turun hanya sementara, perawatan ini juga biasanya berhasil. Jika seseorang bukan kandidat yang baik untuk operasi mata, kacamata tersebut juga akan direkomendasikan.

Penyebab dan pengobatan mata sayu sebelah dijelaskan di sini. Mata sayu sebelah dapat disebabkan oleh berbagai penyebab. Mulai dari penyebab alami hingga kondisi medis yang lebih serius. Namun, kondisi mata sayu sebelah paling sering terjadi pada orang dewasa yang lebih tua. Namun, metode pengobatan mata sayu berbeda-beda tergantung pada penyebab utama mata sayu dan tingkat keparahannya.

 

Jika Anda merasakan gangguan mata yang berkelanjutan, segera kunjungi Surabaya Eye Clinic untuk mendapatkan perawatan dan pengobatan yang tepat bagi mata Anda.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi kami di:

  • (031) 8495502
  • (031) 8433050
  • 082143717979 (WA only)

Atau Anda bisa kunjungi Surabaya Eye Clinic di Jalan Raya Jemursari No. 108, Surabaya, Indonesia

markbro



Our Vision


No person with a blinding condition, eye disease, or visual impairment should be without hope, understanding, and treatment.


Contact Us


Hubungi Kami

(031) 8495502, (031) 8433050
082143717979 ( WA only)


Kunjungi Kami

Jalan Raya Jemursari No. 108,
Surabaya, Indonesia


Email Kami

admin@surabayaeyeclinic.id



Lokasi Kami



Media Sosial


Instagram


facebook


Twitter


Youtube




CopyRight, 2024 | Managed by Markbro




WeCreativez WhatsApp Support
Tim CS Kami Siap Membantu Anda. Silahkan Tanya Kami!