Mari Mengenal Tentang Papilitis/Neuritis Optik

March 15, 2024 by markbro
artikel.png

Jika ada inflamasi diskus optikus, itu disebut papilitis atau neuritis optik. Peradangan dan kerusakan di bagian saraf optik yang disebut diskus optikus, juga disebut bintik buta, terjadi pada serabut retina saraf optik yang masuk ke papil saraf optik yang berada dalam bola saraf optik.

 

Kenapa Neuritis Optik Bisa Terjadi

Multiple sklerosis adalah penyebab umum neuritis optik, tetapi pada beberapa kasus, multiple sklerosis kemudian ditemukan. Tumor, zat kimia atau obat (seperti timam, arsen, metil alkohol, antibiotika tertentu), dan infeksi (seperti ensefalitis virus, meningitis, sifilis, sinusitis, tuberkulosis, HIV, dan arteritis temporalis) juga dapat menyebabkan neuritis optik. Diabetes, anemia pernisiosa, penyakit autoimun tertentu, penyakit Graves, reaksi alergi akibat sengatan lebah, dan cedera adalah penyebab neuritis optik yang jarang terjadi. Penyebab neuritis optik biasanya tidak diketahui.

 

Gejala Neuritis Optik

Salah satu atau kedua mata dapat mengalami neuritis optik. Gejala mungkin muncul secara tiba-tiba atau berkembang secara bertahap, yaitu:

  • Penglihatan yang kabur
  • Penglihatan menjadi gelap, seolah-olah ada yang mematikan lampu
  • Warna menjadi pudar dan kusam.
  • Nyeri yang terletak di bagian belakang rongga mata
  • Sulit untuk menggerakkan mata

Jika Anda kepanasan atau lelah, gejala neuritis optik mungkin menjadi lebih buruk. Misalnya, Anda mungkin melihat lebih banyak gejala saat berolahraga atau mandi.

 

Cara Pengobatan Neuritis Optik

Pengobatan yang paling umum adalah penggunaan kortikosteroid, salah satunya adalah methylprednisolone. Pengobatan ini sangat membantu meningkatkan penglihatan bagi sebagian penderita, tetapi biasanya tidak terlalu berdampak bagi mereka yang menderita multiple sclerosis atau kondisi lainnya. Jika Anda mengalami gejala yang disebutkan di atas, segera periksa ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

 

Jika Anda merasakan gangguan mata yang berkelanjutan, segera kunjungi Surabaya Eye Clinic untuk mendapatkan perawatan dan pengobatan yang tepat bagi mata Anda.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi kami di:

  • (031) 8495502
  • (031) 8433050
  • 082143717979 (WA only)

Atau Anda bisa kunjungi Surabaya Eye Clinic di Jalan Raya Jemursari No. 108, Surabaya, Indonesia

markbro



Our Vision


No person with a blinding condition, eye disease, or visual impairment should be without hope, understanding, and treatment.


Contact Us


Hubungi Kami

(031) 8495502, (031) 8433050
082143717979 ( WA only)


Kunjungi Kami

Jalan Raya Jemursari No. 108,
Surabaya, Indonesia


Email Kami

admin@surabayaeyeclinic.id



Lokasi Kami



Media Sosial


Instagram


facebook


Twitter


Youtube




CopyRight, 2024 | Managed by Markbro




WeCreativez WhatsApp Support
Tim CS Kami Siap Membantu Anda. Silahkan Tanya Kami!