Mau Menghilangkan Mata Panda? Ini Caranya!

January 11, 2024 by markbro
artikel-2024-01-11T100920.490.png

Mata panda bisa membuat kita tampak lebih tua, lelah, dan tidak segar. Jika Anda memiliki mata panda, ada pengobatan rumahan yang bisa Anda coba, mulai dari kompres hingga bahan kimia alami. Mata panda adalah ungkapan yang digunakan untuk menggambarkan tampilan lingkaran hitam pada kulit di sekitar mata. Penyakit ini umumnya disertai mata bengkak atau sembab. Mata panda seringkali tidak berbahaya dan hanya bersifat sementara.

Mata panda bisa terjadi pada siapa saja, baik laki-laki maupun perempuan. Riasan atau concealer sering digunakan untuk menutupi mata panda, meski tidak sepenuhnya menghilangkan masalah tersebut.

 

Cara Mengatasi Mata Panda

Ada berbagai teknik mudah menghilangkan mata panda di rumah, antara lain:

  • Gunakan kompres dingin.
    Mata panda terjadi ketika pembuluh darah di bawah kulit sekitar mata membesar. Untuk menghilangkan mata panda, letakkan kompres dingin di bawah mata untuk menyempitkan pembuluh darah yang melebar. Cukup bungkus es batu dengan sapu tangan bersih atau rendam dalam air dingin sebelum mengoleskannya ke area sekitar mata yang berubah warna selama 15-20 menit.
  • Cukupi kebutuhan cairan dalam tubuh
    Salah satu penyebab mata panda adalah kekurangan cairan tubuh yang kadang disebut dehidrasi. Untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh, sebaiknya minum air putih minimal 8 gelas setiap hari. Kekurangan cairan tubuh bisa menyebabkan lesu dan membuat mata panda semakin terlihat.
  • Menggunakan bahan-bahan alami
    Produk alami seperti minyak almond atau gel lidah buaya dapat digunakan untuk mencerahkan warna gelap mata panda. Menurut penelitian, zat tersebut mengandung antioksidan dan antiinflamasi yang dapat membantu meminimalkan lingkaran hitam dan bengkak pada mata. Zat alami tersebut dapat membantu menghidrasi kulit di sekitar mata sehingga tampak lebih cerah.
  • Kompres dengan teh celup
    Teh, baik hitam atau hijau, mengandung kafein dan antioksidan yang membantu meningkatkan sirkulasi darah dan mencerahkan kulit. Untuk menyembuhkan mata panda, kompres dengan teh basah dingin selama 15-20 menit.
  • Tinggikan kepala Anda saat tidur
    Cara ini bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan mata panda dan mengurangi pembengkakan di bawah mata akibat penumpukan cairan. Anda boleh mengangkat kepala saat tidur dengan menumpuk dua bantal atau lebih.
  • Hindari mengonsumsi minuman beralkohol
    Minuman beralkohol dapat menyebabkan dehidrasi ringan, sehingga membuat mata panda lebih menonjol. Selain itu, konsumsi kopi yang berlebihan menyebabkan Anda begadang lebih lama sehingga membuat mata panda semakin sulit bergerak.
  • Menggunakan Krim Mata
    Beberapa perawatan mata, seperti yang mengandung vitamin C, vitamin E, vitamin K, atau ekstrak daun teh, terbukti dapat meminimalkan kerutan kulit dan menyembunyikan mata panda. Namun temuan tersebut tidak muncul secara instan. Anda mungkin perlu mengoleskan krim mata selama beberapa minggu hingga mata panda menjadi kurang terlihat.
  • Tidur yang cukup
    Kelelahan dan kurang tidur adalah salah satu penyebab mata panda yang paling umum. Untuk menghilangkan mata panda, Anda memerlukan tidur minimal 7-9 jam setiap malamnya. Hindari tidur atau begadang secara rutin.

 

Selain itu, Anda juga harus meminimalkan waktu yang Anda habiskan untuk melihat perangkat, memakai tabir surya dengan setidaknya SPF 30, dan menggunakan pelembab yang mengandung molekul pro-kolagen seperti asam hialuronat, gliserol, dan amino-peptida. Zat ini mendorong pembentukan kolagen, yang membantu menghilangkan kerutan sekaligus menghidrasi dan mengencangkan kulit. Selain itu, berhenti merokok dan mengonsumsi alkohol secara berlebihan dapat membantu Anda menghilangkan mata panda.

 

Jika Anda merasakan gangguan mata yang berkelanjutan, segera kunjungi Surabaya Eye Clinic untuk mendapatkan perawatan dan pengobatan yang tepat bagi mata Anda.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi kami di:

  • (031) 8495502
  • (031) 8433050
  • 082143717979 (WA only)

Atau Anda bisa kunjungi Surabaya Eye Clinic di Jalan Raya Jemursari No. 108, Surabaya, Indonesia

markbro



Our Vision


No person with a blinding condition, eye disease, or visual impairment should be without hope, understanding, and treatment.


Contact Us


Hubungi Kami

(031) 8495502, (031) 8433050
082143717979 ( WA only)


Kunjungi Kami

Jalan Raya Jemursari No. 108,
Surabaya, Indonesia


Email Kami

admin@surabayaeyeclinic.id



Lokasi Kami



Media Sosial


Instagram


facebook


Twitter


Youtube




CopyRight, 2024 | Managed by Markbro




WeCreativez WhatsApp Support
Tim CS Kami Siap Membantu Anda. Silahkan Tanya Kami!