Mengenal Lebih Dalam Tentang Trikiasis

March 6, 2024 by markbro
artikel-2024-03-06T105640.866.png

Kondisi di mana bulu mata tumbuh ke arah yang salah, yaitu menuju bola mata, disebut trikiasis. Ini dapat terjadi pada seluruh kelopak mata atau hanya pada sebagian kecil darinya. Salah tumbuh bulu mata dapat menyebabkan cedera, peradangan (peradangan), dan masalah lainnya pada mata atau kesehatan secara keseluruhan. Ini juga dapat menyebabkan bola mata dan kulit di sekitarnya menjadi iritasi dan berair.

Bulu mata yang mengenai bola mata dapat menyebabkan luka dan gangguan penglihatan dalam kasus yang cukup parah. Sayangnya, sangat sulit untuk menemukan pengobatan atau penanganan yang dapat menyembuhkan trikiasis secara tuntas. Pengobatan dan penanganan umumnya tergantung pada kelainan anatomi yang menyebabkan salah arah pada bulu mata.

Sayangnya, tidak ada pengobatan atau penanganan yang benar-benar menyembuhkan trikiasis. Pengobatan dan penanganan biasanya bergantung pada kelainan anatomi yang menyebabkan bulu mata salah arah.

 

Kenapa Trikiasis Bisa Terjadi

Trikiasis dapat terjadi pada siapa saja, tetapi lebih sering terjadi pada orang dewasa. Beberapa faktor dapat menyebabkan bulu mata tumbuh ke arah yang salah, seperti infeksi mata, masalah sistem imun tubuh, atau trauma.

Beberapa penyebab paling umum dari trikiasis adalah sebagai berikut:

  • Penyakit autoimun
    Selain itu, beberapa penyakit autoimun, seperti pemfigoid okular dan sindrom Stevens-Johnson, berkontribusi pada perkembangan kondisi ini. Pemfigoid okular terjadi ketika konjungtiva pada mata mengalami kesulitan dengan selaput mukosanya, sedangkan sindrom Stevens-Johnson menyebabkan luka dan kerusakan segera pada selaput konjungtiva.
  • Infeksi
    Infeksi, seperti trakoma dan herpes zoster, adalah salah satu penyebab bulu mata salah arah tumbuh yang paling umum. Herpes zoster adalah infeksi virus pada mata yang mirip dengan trakoma, yang disebabkan oleh bakteri Chlamydia trachomatis dan dapat menyebabkan bulu mata tumbuh ke arah yang salah.
  • Proses peradangan
    Selain itu, peradangan di sekitar mata dapat mengubah arah pertumbuhan bulu mata. Beberapa di antaranya adalah blepharitis dan VKC. Kondisi kronis yang dikenal sebagai blepharitis menyebabkan peradangan dan iritasi pada kelopak mata.
    Kelopak mata dapat mengelupas, memerah, dan mengeluarkan lendir yang mengandung bakteri. Namun, vernal keratoconjunctivitis adalah reaksi alergi pada mata yang paling sering terjadi pada anak laki-laki. Dalam situasi seperti ini, ada kemungkinan bulu mata tumbuh dalam arah yang salah.
  • Trauma yang dialami mata
    Jika mata Anda pernah mengalami trauma karena kejadian atau prosedur tertentu, kemungkinan besar bulu mata Anda akan tumbuh dengan tidak wajar. Luka bakar pada kelopak mata adalah salah satu penyebab trauma pada mata. Selain itu, luka pascaoperasi dan paparan zat kimia, seperti obat tetes glaukoma dan alkali, dapat menyebabkan pertumbuhan bulu mata yang tidak normal.
  • Epiblephanor
    Epiblepharon adalah kondisi yang cukup umum pada anak-anak, terutama dari ras Asia, ketika lipatan kelopak mata memiliki bentuk yang tidak normal yang menyebabkan bulu mata atas tumbuh ke arah yang tidak wajar.

 

Gejala yang Muncul Akibat Trikiasis

Rasa ada sesuatu yang mengganjal dan mengganggu di bola mata adalah gejala yang paling umum dari trikiasis. Jika Anda memperhatikan dengan cermat, Anda akan menemukan bahwa bulu mata Anda tumbuh ke arah yang tidak sesuai. Kondisi ini biasanya terjadi di seluruh bulu mata atau hanya di sebagian.

Beberapa gejala dan tanda lain yang mungkin terjadi adalah:

  • Bola mata menjadi merah
  • Selain itu, kulit di sekitar mata memerah
  • Sensitivitas tinggi terhadap cahaya, atau fotofobia
  • Mata lebih kering
  • Rasa sakit atau gatal pada mata

Anda juga mungkin mengalami pandangan yang kabur; kondisi ini dapat menyebabkan masalah mata jika tidak ditangani segera.

Jika bulu mata terlalu lama bergesekan dengan kornea, itu dapat menyebabkan abrasi atau bahkan ulkus kornea. Ada kemungkinan bahwa seseorang memiliki beberapa tanda dan gejala yang tidak disebutkan di atas. Periksakan diri Anda segera ke dokter jika Anda khawatir tentang gejala.

 

Jika Anda merasakan gangguan mata yang berkelanjutan, segera kunjungi Surabaya Eye Clinic untuk mendapatkan perawatan dan pengobatan yang tepat bagi mata Anda.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi kami di:

  • (031) 8495502
  • (031) 8433050
  • 082143717979 (WA only)

Atau Anda bisa kunjungi Surabaya Eye Clinic di Jalan Raya Jemursari No. 108, Surabaya, Indonesia

markbro



Our Vision


No person with a blinding condition, eye disease, or visual impairment should be without hope, understanding, and treatment.


Contact Us


Hubungi Kami

(031) 8495502, (031) 8433050
082143717979 ( WA only)


Kunjungi Kami

Jalan Raya Jemursari No. 108,
Surabaya, Indonesia


Email Kami

admin@surabayaeyeclinic.id



Lokasi Kami



Media Sosial


Instagram


facebook


Twitter


Youtube




CopyRight, 2024 | Managed by Markbro




WeCreativez WhatsApp Support
Tim CS Kami Siap Membantu Anda. Silahkan Tanya Kami!