Mata Lelah Setalah Bekerja Seharian Di Depan Komputer? Ini Tips Mengatasinya!

March 4, 2024 by markbro
artikel-2024-03-04T143436.951.png

Bagi kebanyakan pekerja kantoran, memelototi layar komputer selama berjam-jam membuat mata lelah dan leher kaku. Keluhan kesehatan ini dapat menyebabkan penurunan produktivitas kerja yang signifikan seiring berjalannya waktu. Untuk mengatasi mata merah dan keluhan fisik lainnya yang disebabkan oleh pekerjaan sehari-hari di depan komputer, berikut adalah beberapa saran sederhana.

 

Metode untuk Mengurangi Mata Lelah yang Disebabkan oleh Pekerjaan Sehari-hari di depan Komputer

  • Mengatur pencahayaan yang tepat
    Cahaya yang terlalu terang, baik dari sinar matahari luar ruangan yang masuk melalui jendela maupun pencahayaan kantor yang berlebihan, sering menyebabkan mata lelah. Oleh karena itu, Anda harus selalu mengernyitkan mata saat bekerja. Jika memungkinkan, cat dinding kamar Anda dengan warna gelap dan hasil akhir matte.
    Kurangi cahaya dari luar dengan menutup tirai dan gunakan lebih sedikit lampu di dalam rumah atau gunakan lampu dengan intensitas rendah. Posisikan layar komputer Anda di samping jendela, bukan di depan atau di belakangnya, jika memungkinkan.
  • Lebih sering berkedip
    Saat bekerja di depan komputer, sangat penting untuk berkedip untuk menyegarkan mata Anda. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang berkerja di komputer berkedip lebih jarang—sekitar sepertiga dari normal—sehingga mereka berisiko mengalami mata kering. Untuk mengurangi risiko, cobalah untuk berlatih berkedip sepuluh kali dengan menutup mata sangat lambat setiap dua puluh menit.
  • Rutin cek mata
    Proses rutin melakukan pemeriksaan mata di dokter mata adalah langkah pertama untuk mencegah mata menjadi merah karena terlalu lama menghabiskan waktu di depan komputer. Menurut penelitian, orang seharusnya menjalani pemeriksaan mata sebelum mulai bekerja dengan komputer, dan kemudian setahun sekali setelah itu.
  • Konfigurasikan kontras lampu laptop
    Selain itu, CVS dapat disebabkan oleh perubahan pada dinding dan layar komputer Anda. Keterangannya harus sebanding dengan lingkungan tempat kerja Anda. Anda harus mempertimbangkan untuk memasang layar anti-glare pada monitor Anda. Jika Anda masih menggunakan monitor komputer berbentuk tabung (juga dikenal sebagai cathode ray tube atau CRT), Anda harus menggantinya dengan layar kristal cair (LCD). Layar LCD juga memiliki permukaan anti reflektif dan lebih aman bagi mata, sedangkan CRT lebih mudah menyebabkan CVS. Anda juga harus menyesuaikan kontras ukuran dan warna teks untuk menjadi lebih nyaman untuk mata Anda, terutama saat membaca.
  • Pejamkan mata sejenak
    Satu penelitian yang diterbitkan oleh NIOS menyatakan bahwa memejamkan mata untuk waktu yang singkat adalah metode yang efektif untuk mengurangi kelelahan mata. Anda juga dapat melakukan peregangan otot dasar empat kali selama lima menit sepanjang hari kerja. Untuk mengurangi ketegangan dan kelelahan otot, berdiri dan putar-putar tungkai kaki dan lengan dengan berdiri, serta punggung dan bahu. Jika waktu makan siang Anda memungkinkan, coba tidur siang sejenak.
  • Olahraga mata
    Setiap dua puluh menit, berpaling dari komputer dan menatap benda jauh selama dua puluh detik (sekitar dua puluh kaki atau enam meter) untuk menghindari mata lelah karena terlalu fokus pada layar komputer. Sebagian dokter mata menyebutnya “rule 20-20-20”. Melihat jauh membantu melemaskan otot mata, yang mengurangi kelelahan mata. Untuk melihat contoh senam mata di kantor, klik tautan berikut.
  • Memakai kacamata komputer harus dipertimbangkan
    Jika Anda memakai kacamata, pastikan untuk memilih lensa yang memiliki lapisan anti-reflective (AR) karena lapisan AR mengurangi silau dengan mengurangi jumlah cahaya yang memantul dari permukaan depan dan belakang lensa. Anda juga dapat mengubah resep kacamata Anda untuk membuat kacamata komputer yang lebih nyaman untuk Anda gunakan. Hal ini berlaku terutama bagi mereka yang biasanya menggunakan lensa kontak dan mengalami masalah mata kering saat bekerja di depan komputer.
  • Modifikasi tempat Anda bekerja
    Tempatkan halaman tertulis di dekat monitor jika Anda perlu berputar antara kertas dan layar komputer. Pastikan sinar tidak jatuh ke mata atau layar komputer Anda jika Anda menggunakan lampu meja.
    Selain itu, Anda harus mengatur tempat kerja dan kursi Anda dengan ketinggian yang tepat agar Anda dapat mempertahankan postur yang sehat saat bekerja di depan komputer. Untuk posisi yang nyaman untuk kepala dan leher, pilih perabotan ergonomis dan tempatkan layar komputer Anda sekitar lima puluh hingga enam puluh sentimeter dari mata Anda, dengan bagian tengah layar sekitar sepuluh hingga lima belas derajat di bawah mata Anda.

 

Jika Anda merasakan gangguan mata yang berkelanjutan, segera kunjungi Surabaya Eye Clinic untuk mendapatkan perawatan dan pengobatan yang tepat bagi mata Anda.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi kami di:

  • (031) 8495502
  • (031) 8433050
  • 082143717979 (WA only)

Atau Anda bisa kunjungi Surabaya Eye Clinic di Jalan Raya Jemursari No. 108, Surabaya, Indonesia

markbro



Our Vision


No person with a blinding condition, eye disease, or visual impairment should be without hope, understanding, and treatment.


Contact Us


Hubungi Kami

(031) 8495502, (031) 8433050
082143717979 ( WA only)


Kunjungi Kami

Jalan Raya Jemursari No. 108,
Surabaya, Indonesia


Email Kami

admin@surabayaeyeclinic.id



Lokasi Kami



Media Sosial


Instagram


facebook


Twitter


Youtube




CopyRight, 2024 | Managed by Markbro




WeCreativez WhatsApp Support
Tim CS Kami Siap Membantu Anda. Silahkan Tanya Kami!