Hati-hati Penyebab Retina Rusak Ini Sering Di Abaikan

February 20, 2024 by markbro
artikel-2024-02-20T154116.964.png

Di antara organ tubuh manusia yang sangat penting, mata dapat terkena penyakit seperti degenerasi makula, lubang makula, retinitis pigmentosa, ablasi retina, retina robek, dan epiretinal membrane jika tidak dirawat dengan baik.

Rusty retina adalah salah satu penyakit mata yang paling umum. Retina adalah lapisan tipis di belakang mata yang terdiri dari jutaan sel yang sensitif terhadap cahaya. Retina juga merupakan sel saraf yang menerima dan mengatur informasi visual di otak melalui saraf optik.

 

Penyebab Retina Mata Rusak

Retina yang rusak dapat menyebabkan pandangan kabur, seperti bintik terapung atau sarang laba-laba yang menghalangi penglihatan. Retina yang rusak dapat disebabkan oleh beberapa hal berikut:

  • Retinopati akibat diabetes (Retinopati Diabetik)
    Salah satu penyebab retina mata rusak adalah retinopati diabetik, komplikasi diabetes yang menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah retina. Akibatnya, retina bengkak atau kapiler darah yang tidak normal pecah, yang menyebabkan pandangan menjadi kabur atau terganggu.
  • Proses degenerasi macula
    Degenerasi makula adalah penyebab kerusakan retina mata. Ini adalah kerusakan pada pusat retina yang membuat pandangan menjadi kabur atau ada area yang tidak dapat dilihat. Dua jenis degenerasi makula adalah kering dan basah. Gejala biasanya dimulai dengan kondisi kering sebelum berubah menjadi basah pada satu atau kedua belah mata.
  • Retinitis Pigmentosa (Retinitis A)
    Retinitis pigmentosa, penyakit degeneratif yang mempengaruhi retina, adalah salah satu penyebab kerusakan retina mata lainnya. Seiring berjalannya waktu, kemampuan penderita untuk melihat akan semakin berkurang. Namun, kondisi ini tidak menyebabkan kebutaan.
  • Robekan pada Retina
    Robekan retina adalah penyebab kerusakan retina. Ini terjadi karena penyusutan vitreus, yaitu jaringan berbentuk gel di bagian dalam bola mata. Lapisan di belakang bola mata tertarik, di mana retina terletak, sehingga dapat tertarik dan robek.
  • Membran Epirential
    Salah satu penyebab retina mata rusak adalah epiretinal membrane, penyakit jaringan parut halus yang mirip dengan membran transparan tipis yang berkerut di atas retina dan menyebabkan tarikan pada retina, membuat pandangan tidak jelas.
  • Ablasi pada retina
    Salah satu alasan retina mata rusak adalah ablasi retina. Kondisi ini terjadi ketika cairan masuk melalui robekan retina dan mendorong retina keluar dari jaringan penyangganya. Ada cairan di bawah retina.

 

Jika Anda merasakan gangguan mata yang berkelanjutan, segera kunjungi Surabaya Eye Clinic untuk mendapatkan perawatan dan pengobatan yang tepat bagi mata Anda.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi kami di:

  • (031) 8495502
  • (031) 8433050
  • 082143717979 (WA only)

Atau Anda bisa kunjungi Surabaya Eye Clinic di Jalan Raya Jemursari No. 108, Surabaya, Indonesia

markbro



Our Vision


No person with a blinding condition, eye disease, or visual impairment should be without hope, understanding, and treatment.


Contact Us


Hubungi Kami

(031) 8495502, (031) 8433050
082143717979 ( WA only)


Kunjungi Kami

Jalan Raya Jemursari No. 108,
Surabaya, Indonesia


Email Kami

admin@surabayaeyeclinic.id



Lokasi Kami



Media Sosial


Instagram


facebook


Twitter


Youtube




CopyRight, 2024 | Managed by Markbro




WeCreativez WhatsApp Support
Tim CS Kami Siap Membantu Anda. Silahkan Tanya Kami!