Jenis Tumor yang Dapat Menyerang Kelopak Mata

February 16, 2024 by markbro
artikel-6.png

Tumor adalah penyakit serius yang dapat menyerang berbagai bagian tubuh, salah satunya adalah kulit di area kelopak mata. Meskipun tidak sering ditemukan seperti jenis tumor lainnya, kelopak mata termasuk tempat yang memungkinkan pertumbuhan tumor. Tumor yang tumbuh di area ini biasanya disebut tumor kulit, dan jika menjadi ganas disebut kanker kulit.

 

Tumor Apa Saja Yang Menyeran Kelopak Mata

Tergantung pada lokasinya dan karakteristiknya pada tubuh, tumor kelopak mata terbagi menjadi empat jenis yang berbeda. Jenis-jenisnya adalah sebagai berikut:

  • Karsinoma sel basal
    Karsinoma sel basal adalah tumor kelopak mata yang pertama. Jenis yang paling umum adalah orang yang alami. Nama ini berasal dari area yang terdapat sel basal berbentuk bulat di bagian epidermis bawah. Karena kulit bagian ini terekspos langsung kepada sinar matahari, sebagian besar kanker kulit muncul di sana. Karena itu, karsinoma sel basal lebih umum
  • Karsinoma sebasea
    Salah satu kelenjar kulit yang berfungsi untuk memproduksi minyak adalah kelenjar sebasea, yang juga cukup umum, tetapi lebih sering terjadi pada orang dewasa dan orang tua. Untuk penyembuhan, penderita tumor ini harus menjalani operasi karena dianggap sebagai kanker agresif. Kelenjar meibomian, yang berfungsi untuk menjaga area kelopak mata kering, mungkin menjadi sumber tumor jenis ini. Terkadang, tumor juga dapat berasal dari kelenjar zeis, yaitu kelenjar sebasea yang terletak di pangkal bulu mata.
  • Melanoma
    Melanosis adalah sel-sel yang memproduksi melanin dan memberikan warna pada tubuh sehingga tidak terlihat pucat. Melanosis tersebar di lapisan terdalam epidermis, dan lapisan ini memiliki kemampuan untuk menyebabkan melanoma, jenis kanker kulit yang paling berbahaya. Jika ada benjolan di bola mata yang lebih gelap daripada warna kulit Anda, Anda harus segera diobati karena tumor dapat menyebar ke bagian lain tubuh. Lihat Empat Tanda Awal Melanoma untuk informasi lebih lanjut.
  • Karsinoma sel skuamosa
    Karsinoma sel skuamosa terjadi di bagian atas epidermis. Pada tahap ini, kira-kira 10–30 persen kanker kulit terjadi. Kebanyakan kanker ini disebabkan oleh paparan sinar matahari yang mengandung sinar ultraviolet (UV). Jika kulit seseorang sering terbakar, rusak oleh zat kimia, atau terkena paparan sinar X, risikonya akan meningkat. Jenis tumor kelopak mata ini sangat jarang terjadi, tetapi lebih ganas dan mudah menyebar ke jaringan sekitarnya. Sel tumor ganas ini juga dapat mempengaruhi bola mata, yang dapat menyebabkan masalah penglihatan.

 

Jika Anda merasakan gangguan mata yang berkelanjutan, segera kunjungi Surabaya Eye Clinic untuk mendapatkan perawatan dan pengobatan yang tepat bagi mata Anda.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi kami di:

  • (031) 8495502
  • (031) 8433050
  • 082143717979 (WA only)

Atau Anda bisa kunjungi Surabaya Eye Clinic di Jalan Raya Jemursari No. 108, Surabaya, Indonesia

markbro



Our Vision


No person with a blinding condition, eye disease, or visual impairment should be without hope, understanding, and treatment.


Contact Us


Hubungi Kami

(031) 8495502, (031) 8433050
082143717979 ( WA only)


Kunjungi Kami

Jalan Raya Jemursari No. 108,
Surabaya, Indonesia


Email Kami

admin@surabayaeyeclinic.id



Lokasi Kami



Media Sosial


Instagram


facebook


Twitter


Youtube




CopyRight, 2024 | Managed by Markbro




WeCreativez WhatsApp Support
Tim CS Kami Siap Membantu Anda. Silahkan Tanya Kami!