Belekan Pada Mata Anak, Ini Cara Mengatasinya!

February 15, 2024 by markbro
artikel-2024-02-15T111434.169.png

Setiap anak pernah mengeluarkan belek dari matanya karena berbagai alasan. Belekan biasanya berasal dari sumber yang tidak berbahaya, seperti saluran air mata yang tersumbat, infeksi virus, atau hanya kotor. Namun, jelas bahwa setiap keluarnya kotoran mata akan mengganggu penglihatan anak. Untuk menghilangkan belek, biasanya cukup menggunakan kapas yang lembut untuk menyekanya. Tetapi jika belek keluar terus-menerus dan dalam jumlah besar, Anda harus segera periksa ke dokter.

 

Kenapa Belekan Pada Anak Bisa Terjadi

Sangat wajar bagi anak untuk melekan. Ini terjadi karena kelenjar air mata anak-anak, terutama bayi, belum bekerja dengan benar. Katup air mata mereka tertutup pada saluran air mata yang menghubungkan air mata ke rongga hidung, yang menghalangi air mata yang baru diproduksi untuk mengalir ke rongga hidung. Kondisi ini menyebabkan genangan di saluran yang terhambat, yang menyebabkan belek menumpuk di mata.

Selain itu, ada penyebab lain yang menyebabkan mata anak berair, yang menyebabkan produksi kotoran mata meningkat. Berikut beberapa penyebabnya:

  • Anak-anak yang mengalami flu biasanya mengeluarkan cairan mata yang lebih banyak, yang kemudian menumpuk dan menjadi belek saat kering.
  • Benda sekecil apapun yang masuk ke mata dapat menyebabkan iritasi dan berair di mata. Tidak jarang benda-benda seperti pasir, bulu mata, dan debu masuk ke dalam mata. Akan sulit bagi anak untuk membuka mata jika mereka mengalami ini.
  • Infeksi bakteri dapat menyebabkan mata merah dan bengkak, dan mata mengeluarkan banyak air, yang disebut belek hijau atau kuning. Infeksi biasanya hilang dalam waktu dua hingga tiga hari, tetapi beberapa balita mungkin perlu diobati dengan antibiotik.
  • Bintit adalah benjolan merah yang menyakitkan yang tampak seperti jerawat. Ini adalah hasil dari infeksi folikel rambut di kelopak mata. Mata dapat mengeluarkan banyak cairan ketika ada bintitan.

 

Bagaimana Cara Mengatasinya

Ibu dapat mengatasi belekan pada mata anak mereka dengan memberi mereka obat tetes mata atau jika belekan mata anak tidak parah, ibu bisa mengatasi belekan pada mata anak dengan melakukan beberapa langkah seperti berikut ini:

  • Pastikan anak-anak mencuci tangan dengan sering untuk mencegah penyebaran infeksi.
  • Pastikan anak-anak hanya menyentuh mata mereka dengan tangan yang bersih.
  • Jangan gunakan lotion atau produk kulit lainnya di mata dan wajah anak Anda.
  • Pastikan anak mengenakan pelindung mata saat melakukan apapun yang dapat melukai mata mereka.
  • Melindungi mata anak dari infeksi dengan memastikan bahwa mereka selalu bersih saat pulang sekolah atau bermain.

 

Jika Anda merasakan gangguan mata yang berkelanjutan, segera kunjungi Surabaya Eye Clinic untuk mendapatkan perawatan dan pengobatan yang tepat bagi mata Anda.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi kami di:

  • (031) 8495502
  • (031) 8433050
  • 082143717979 (WA only)

Atau Anda bisa kunjungi Surabaya Eye Clinic di Jalan Raya Jemursari No. 108, Surabaya, Indonesia

markbro



Our Vision


No person with a blinding condition, eye disease, or visual impairment should be without hope, understanding, and treatment.


Contact Us


Hubungi Kami

(031) 8495502, (031) 8433050
082143717979 ( WA only)


Kunjungi Kami

Jalan Raya Jemursari No. 108,
Surabaya, Indonesia


Email Kami

admin@surabayaeyeclinic.id



Lokasi Kami



Media Sosial


Instagram


facebook


Twitter


Youtube




CopyRight, 2024 | Managed by Markbro




WeCreativez WhatsApp Support
Tim CS Kami Siap Membantu Anda. Silahkan Tanya Kami!