Anda Perlu Tahu, Kebiasaan Berikut Dapat Menyebabkan Mata Malas

February 22, 2024 by markbro
artikel-2024-02-22T101411.908.png

Mata malas adalah penyakit yang paling sering terjadi pada anak-anak. Namun, penyakit ini masih dapat terjadi pada orang dewasa. Mata malas, atau amblyopia, adalah kondisi ketika otak lebih cenderung menggunakan salah satu mata saja. Apa sebabnya mata malas ini?

Biasanya, kondisi ini disebabkan oleh fakta bahwa salah satu mata memiliki penglihatan yang lebih buruk daripada yang lainnya. Namun, kebiasaan yang tidak sehat dalam menggunakan mata juga dapat menjadi penyebab kondisi ini, karena otak mengabaikan sinyal atau impuls dari mata yang lebih lemah atau “malas”.

 

Apa Saja Kebiasaan yang Menyebabkan Mata Malas

Kebiasaan berikut yang dapat menyebabkan mata malas harus Anda ketahui:

  • Membaca di bawah cahaya redup: Anda tentu pernah membaca di bawah cahaya redup, kan? Kebiasaan ini harus diubah segera. Membaca di tempat yang redup membutuhkan pupil yang luas dan cukup cahaya agar mata dapat melihat, meskipun mata dirancang untuk beradaptasi dengan kondisi apa pun. Hal ini mengubah tempat cahaya menyentuh retina, menyebabkan gambar menjadi agak buram.
  • Menggunakan Kontak Lensa Saat Tidur: Penggunaan lensa kontak setiap hari sebenarnya cukup berisiko, terutama jika lupa melepasnya saat tertidur. Orang yang menggunakan lensa kontak hanya di siang hari memiliki risiko ulkus kornea sepuluh hingga lima belas kali lebih tinggi daripada orang yang menggunakannya hanya di siang hari.
  • Terlalu lama Melihat Layar Monitor (Komputer, TV, atau Ponsel): Sinar ultraviolet sama berbahayanya dengan layar monitor yang memancarkan cahaya dan radiasi. Melihat sesuatu selama berjam-jam dapat menyebabkan sakit kepala dan ketegangan mata, yang dapat diatasi dengan mengurangi intensitas cahaya dari monitor. Setiap satu jam, Anda juga dapat mengistirahatkan mata selama minimal sepuluh menit.
  • Membaca saat Berbaring: Membaca atau bermain smartphone saat berbaring adalah kebiasaan buruk lainnya. Kebiasaan ini harus dihilangkan dan mulai membiasakan diri untuk membaca sambil duduk. Karena itu, jarak yang ideal bagi mata untuk membaca adalah 25–30 sentimeter. Selain itu, jika Anda membaca dalam posisi yang tidak tepat, mata Anda akan cepat lelah.
  • Terpapar Langsung Sinar Udara: Jika Anda terpapar sinar ultraviolet secara langsung, mata Anda akan menjadi lelah dan rusak. Karena itu, jika Anda harus keluar, gunakan kacamata hitam atau anti-ultraviolet untuk menghindari paparan sinar ultraviolet.
  • Menggosok Mata dengan Tangan Kotor: Menyentuh atau menggosok mata dengan tangan kotor adalah salah satu cara untuk merusak mata. Menggosok atau mengusap mata terlalu keras dapat menyebabkan pembuluh darah pecah dan menyebabkan peradangan, dan tangan yang kotor lebih berbahaya.
  • Terlalu Sering Terpapar Asap Rokok: terlalu sering terpapar asap rokok dan minuman beralkohol dapat membahayakan saraf mata. Anda mungkin merasa malas dan bahkan kehilangan penglihatan karena kebiasaan buruk ini. Segera hentikan kebiasaan merokok dan menghindari lingkungan yang penuh dengan asap rokok.

 

Jika Anda merasakan gangguan mata yang berkelanjutan, segera kunjungi Surabaya Eye Clinic untuk mendapatkan perawatan dan pengobatan yang tepat bagi mata Anda.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi kami di:

  • (031) 8495502
  • (031) 8433050
  • 082143717979 (WA only)

Atau Anda bisa kunjungi Surabaya Eye Clinic di Jalan Raya Jemursari No. 108, Surabaya, Indonesia

markbro



Our Vision


No person with a blinding condition, eye disease, or visual impairment should be without hope, understanding, and treatment.


Contact Us


Hubungi Kami

(031) 8495502, (031) 8433050
082143717979 ( WA only)


Kunjungi Kami

Jalan Raya Jemursari No. 108,
Surabaya, Indonesia


Email Kami

admin@surabayaeyeclinic.id



Lokasi Kami



Media Sosial


Instagram


facebook


Twitter


Youtube




CopyRight, 2024 | Managed by Markbro




WeCreativez WhatsApp Support
Tim CS Kami Siap Membantu Anda. Silahkan Tanya Kami!