Apa Saja Hal yang Bisa Mengakibatkan Katarak

December 15, 2023 by markbro
artikel-2023-12-15T102542.702.png

Proses penuaan merupakan penyebab paling umum terjadinya katarak. Akibatnya, sebagian besar pasien berusia lanjut. Namun diabetes dan kebiasaan merokok merupakan dua penyakit lagi yang dapat menyebabkan katarak pada lensa mata.

Katarak adalah suatu kondisi yang mengganggu fungsi lensa mata. Gangguan ini bisa muncul ketika protein pada lensa mata menimbulkan gumpalan sehingga menyebabkan lensa mata berkabut dan sulit melihat tembus.

 

Macam-macam Penyebab Katarak

  • Usia
    Protein dan sel-sel mati di lensa berkumpul dan membentuk benjolan seiring bertambahnya usia mata. Akibatnya, lensa mata yang semula bersih lama kelamaan menjadi berkabut sehingga mengganggu penglihatan.
  • Dibetes
    Diabetes adalah penyebab lain katarak. Peningkatan gula darah terkait diabetes dari waktu ke waktu dapat merusak pembuluh darah di seluruh tubuh, termasuk kapiler darah kecil di mata. Hal ini kemudian menyebabkan berkembangnya katarak pada mata.
  • Merokok
    Merokok juga dapat meningkatkan peluang Anda terkena katarak. Merokok dapat membatasi aliran darah ke mata dan meningkatkan penyerapan bahan berbahaya di mata. Kedua faktor ini dapat menyebabkan penyakit mata seperti katarak.
  • Trauma fisik
    Katarak juga dapat berkembang akibat kerusakan pada daerah sekitar mata, seperti benturan, tusukan, atau kecelakaan. Bentuk katarak ini muncul dalam beberapa minggu, bulan, atau tahun setelah kerusakan.
  • Bawaan sejak lahir
    Katarak kongenital adalah katarak yang berkembang sebelum kelahiran atau sepanjang tahun pertama kehidupan bayi. Secara umum, bayi baru lahir dengan katarak tidak dapat melihat secara normal dan kesulitan mengkoordinasikan gerakan matanya.
  • Paparan sinar matahari langsung
    Paparan radiasi ultraviolet (UV) dalam jangka panjang dari sinar matahari langsung dapat mengoksidasi lensa mata dan menyebabkan berkembangnya katarak.

markbro



Our Vision


No person with a blinding condition, eye disease, or visual impairment should be without hope, understanding, and treatment.


Contact Us


Hubungi Kami

(031) 8495502, (031) 8433050
082143717979 ( WA only)


Kunjungi Kami

Jalan Raya Jemursari No. 108,
Surabaya, Indonesia


Email Kami

admin@surabayaeyeclinic.id



Lokasi Kami



Media Sosial


Instagram


facebook


Twitter


Youtube




CopyRight, 2024 | Managed by Markbro




WeCreativez WhatsApp Support
Tim CS Kami Siap Membantu Anda. Silahkan Tanya Kami!