Air Mata Memiliki Fungsi Apa Saja?

December 14, 2023 by markbro
artikel-2023-12-14T144155.456.png

Faktanya, air mata memainkan peran penting dalam kesehatan mata. Meski hanya sedikit orang yang menyadarinya, air mata terdiri dari beberapa lapisan dan memiliki bentuk serta fungsi yang berbeda-beda. Mari kita lihat seluruh fakta tentang air mata untuk mengetahui lebih lanjut.

Kelenjar lakrimal yang terdapat di kelopak mata atas menghasilkan air mata. Air mata, selain mengkomunikasikan emosi, membantu melembabkan dan menyehatkan mata. Air mata menjaga permukaan mata tetap basah dan mencegahnya dari kerusakan akibat mata kering dan rasa tidak nyaman.

 

Manfaat Air Mata

Tanpa disadari, air mata memberikan beberapa manfaat bagi kesehatan tubuh Anda, antara lain:

  • Membersihkan mata
    Setiap orang mempunyai tiga jenis air mata. Dimulai dengan air mata refleks, berlanjut ke air mata terus menerus, dan terakhir air mata emosional. Setiap bentuk air mata memiliki tujuan dan manfaat yang berbeda. Air mata refleks sering kali muncul ketika debu, kotoran, asap, atau benda asing lainnya masuk ke mata secara tidak terduga.
    Akibatnya, air mata ini secara alami akan keluar dari mata Anda untuk menghilangkan partikel debu, kotoran, dan zat berbahaya lainnya. Misalnya saat berjalan di trotoar dan terkena polusi, mengendarai sepeda motor, atau tidak sengaja terkena asap pembakaran sampah atau kendaraan bermotor.
  • Melindungi mata
    Mata merupakan salah satu organ tubuh yang paling sensitif, terutama terhadap mikroorganisme. Sebaliknya, air mata memiliki manfaat tambahan dalam menghilangkan mikroorganisme yang masuk ke mata. Hal ini dicapai dengan terus-menerus menciptakan air mata, yang sering disebut dengan air mata terus menerus.
    Air mata ini akan selalu melumasi dan menghidrasi mata, sehingga menjaganya tetap aman dari serangan bakteri. Hal ini disebabkan adanya lisozim pada cairan alami mata. Lisozim inilah yang menjaga mata tetap bersih dan bebas bakteri.
  • Melepaskan “beban” tubuh
    Jenis air mata lain selain air mata refleks dan tanpa henti adalah air mata emosional. Air mata emosional dapat membantu meredakan ketegangan, tekanan, kekhawatiran, dan perasaan tidak menyenangkan lainnya.
    Meskipun 98% air mata reaksi mengandung air, air mata emosional tidak. Air mata emosional membawa bahan kimia stres dari tubuh selain air. Itulah sebabnya air mata emosional mungkin hanya keluar ketika tubuh Anda tampaknya tidak mampu memikul beban penderitaan Anda.
  • Menjaga kelembapan hidung
    Air mata selain bermanfaat bagi mata, juga bermanfaat bagi organ tubuh lainnya seperti hidung. Penyebabnya karena air mata yang menumpuk di mata pada akhirnya akan mengalir ke saluran nasolakrimal.
    Kanalis nasolakrimalis menghubungkan kelenjar air mata dengan hidung. Ketika air mata masuk, mengalir, dan mencapai hidung, air mata akan menjaganya tetap lembab dan bebas bakteri.

markbro



Our Vision


No person with a blinding condition, eye disease, or visual impairment should be without hope, understanding, and treatment.


Contact Us


Hubungi Kami

(031) 8495502, (031) 8433050
082143717979 ( WA only)


Kunjungi Kami

Jalan Raya Jemursari No. 108,
Surabaya, Indonesia


Email Kami

admin@surabayaeyeclinic.id



Lokasi Kami



Media Sosial


Instagram


facebook


Twitter


Youtube




CopyRight, 2024 | Managed by Markbro




WeCreativez WhatsApp Support
Tim CS Kami Siap Membantu Anda. Silahkan Tanya Kami!