Presbiopia (Mata Tua)

January 21, 2022 by 3dpotr876
asian-elderly-woman-reading-book-living-room-home-chinese-female-lying-sofa-when-relaxed-home-1200x801.jpg

Apa Itu Presbiopia?

Presbiopia adalah ketika mata Anda secara bertahap kehilangan kemampuan untuk melihat sesuatu dengan jelas dari dekat. Ini adalah bagian normal dari penuaan. Sebenarnya, istilah “presbiopia” berasal dari kata Yunani untuk “mata tua”. Segera setelah 40 tahun, Anda mungkin mengalami presbiopia. Anda mungkin akan menemukan bahwa Anda membaca materi dari kejauhan sehingga Anda dapat melihatnya dengan jelas.

Penyebab Presbiopia

Lensa bening Anda berada di dalam mata di belakang iris berwarna. Ini berubah bentuk untuk memfokuskan cahaya pada retina sehingga Anda bisa melihat. Saat Anda muda, lensanya lembut dan fleksibel, mudah berubah bentuk. Ini memungkinkan Anda untuk fokus pada hal-hal yang dekat dan jauh. Setelah 40 tahun, lensa mata menjadi lebih keras. Bentuknya tidak mudah berubah. Hal ini membuat sulit untuk membaca, memasukkan bendang ke dalam jarum atau tugas jarak dekat lainnya.

Tidak ada cara untuk menghentikan atau membalikkan proses penuaan normal yang menyebabkan presbiopia. Namun, presbiopia dapat dikoreksi dengan lensa kontak, lensa kontak, atau operasi. Orang yang mengalami kesulitan melihat dekat dan jauh dapat memperoleh manfaat dari lensa progresif. Di masa depan, presbiopia akan mengobati obat tetes mata. Jika Anda tidak dapat memperbaiki presbiopia, Anda mungkin menderita sakit kepala dan berkedip.

Perawatan Presbiopia

Kacamata

Jika presbiopia adalah satu-satunya masalah penglihatan Anda (Anda tidak memiliki miopia, hiperopia, atau astigmatisme), kacamata mungkin adalah semua yang Anda butuhkan. Kacamata baca membantu memperbaiki masalah penglihatan dekat dengan membengkokkan (membiaskan) cahaya sebelum masuk ke mata Anda. Mereka dapat dibeli tanpa resep, tetapi versi pasti dari kacamata baca yang Anda butuhkan harus ditentukan melalui pemeriksaan mata.

Lensa Bifokal, Trifokal, atau Lensa Progresif

  • Lensa Bifokal cocok untuk penglihatan jarak jauh dan dekat. Sebuah garis, yang dapat terlihat atau tidak terlihat, membagi lensa. Bagian bawah lensa membiaskan cahaya untuk penglihatan jarak dekat. Memantulkan bagian atas cahaya sehingga Anda dapat melihat objek di kejauhan.
  • Lensa Trifokal memiliki tiga area lensa untuk mengoreksi penglihatan dekat, menengah, dan jarak jauh.
  • Lensa Progresif, seperti lensa dua fokus dan tiga fokus, penglihatan yang benar. Tetapi bukannya garis yang memisahkan setiap daerah pembiasan, pembiasan pada lensa berubah secara bertahap dari atas ke bawah.

Lensa Kontak

Beberapa orang lebih suka menggunakan lensa kontak daripada kacamata. Ada dua jenis lensa kontak yang membantu dengan presbiopia:

  • Lensa Kontak Monovision. Lensa ini mengoreksi satu mata untuk penglihatan jarak jauh dan yang lainnya untuk penglihatan dekat. Anda perlu membiasakan diri dengan lensa monovision dan melatih otak Anda untuk melihat metode ini. Anda mungkin kehilangan kemampuan untuk menilai jarak atau kecepatan objek dengan satu mata.
  • Lensa Kontak Multifokal. Lensa ini memiliki beberapa cincin atau area yang diatur pada kekuatan yang berbeda. Dengan desain ini Anda menggunakan jarak jauh dan dekat secara bersamaan. Namun, otak Anda secara otomatis belajar menentukan fokus yang tepat untuk apa yang ingin Anda lihat. Anda mungkin menemukan bahwa menggunakan lensa multifokal membuat penglihatan Anda kurang tajam dibandingkan lensa fokus tunggal.

Operasi

Operasi Refraktif. Beberapa orang memilih untuk menjalani operasi untuk mencapai monovision. Hal ini dapat mengurangi kebutuhan mereka akan kacamata baik untuk objek dekat maupun jauh. Dokter mata menggunakan laser untuk memodifikasi kornea untuk mencapai penglihatan jarak jauh yang jelas di satu mata dan penglihatan dekat di mata lainnya. Dalam banyak hal, ini mirip dengan menggunakan lensa kontak monovision. Dokter mata Anda mungkin menyarankan untuk mencoba lensa monovision sebelum menjalani LASIK. Dengan cara ini Anda dapat melihat apakah monovision adalah pilihan yang baik untuk Anda.

Corneal Inlays. Ada juga perangkat yang lebih baru dan lebih akurat yang disebut corneal inlays yang membantu mengoreksi presbiopia. Mereka ditanamkan secara minimal invasif di kornea di depan mata untuk mengembalikan penglihatan dekat. Bicaralah dengan dokter mata Anda untuk mengetahui apakah Anda memenuhi syarat untuk mendapatkan corneal inlays dan jenis yang terbaik untuk Anda.



Our Vision


No person with a blinding condition, eye disease, or visual impairment should be without hope, understanding, and treatment.


Contact Us


Hubungi Kami

(031) 8495502, (031) 8433050
082143717979 ( WA only)


Kunjungi Kami

Jalan Raya Jemursari No. 108,
Surabaya, Indonesia


Email Kami

admin@surabayaeyeclinic.id



Lokasi Kami



Media Sosial


Instagram


facebook


Twitter


Youtube




CopyRight, 2024 | Managed by Markbro




WeCreativez WhatsApp Support
Tim CS Kami Siap Membantu Anda. Silahkan Tanya Kami!