Mata Kering

January 19, 2022 by 3dpotr876
woman-putting-eye-drops-sore-eyes-1200x1500.jpg

Mata kering adalah suatu kondisi di mana seseorang tidak memiliki kualitas air mata yang cukup untuk melumasi dan menyehatkan mata. Air mata sangat penting untuk menjaga kesehatan permukaan anterior mata dan untuk memastikan penglihatan yang jelas.

Penyebab dan Faktor Resiko

Mata kering dapat terjadi jika produksi dan drainase air mata tidak seimbang. Orang dengan mata kering tidak dapat menghasilkan cukup air mata atau air mata mereka berkualitas buruk:

  • Tidak cukup air mata. Air mata diproduksi oleh banyak kelenjar di dalam dan di sekitar kelopak mata. Produksi air mata cenderung menurun seiring bertambahnya usia, dengan berbagai kondisi medis atau sebagai efek samping dari beberapa obat. Kondisi lingkungan, seperti angin dan iklim kering, juga dapat mengurangi jumlah air mata karena peningkatan penguapan air mata. Jika produksi air mata normal berkurang atau air mata menguap dengan cepat dari mata, gejala mata kering dapat terjadi.
  • Kualitas air mata yang buruk. Air mata terdiri dari tiga lapisan: minyak, air, dan lendir. Setiap bahan melindungi dan memelihara permukaan depan mata. Lapisan minyak yang halus membantu mencegah lapisan air menguap, sementara lapisan musin menyebarkan air mata secara merata di atas mata. Jika air mata menguap dengan cepat atau tidak merata di kornea karena kurangnya tiga lapisan air mata, gejala mata kering dapat berkembang.

Mata kering dapat berkembang karena berbagai alasan, termasuk:

  • Usia. Mata kering adalah bagian dari proses penuaan alami. Kebanyakan orang yang berusia di atas 65 tahun mengalami beberapa gejala mata kering.
  • Gender. Wanita lebih cenderung memiliki mata kering karena perubahan hormonal karena kehamilan, kontrasepsi oral dan menopause.
  • Obat-obatan. Beberapa obat-obatan, termasuk antihistamin, dekongestan, obat tekanan darah dan antidepresan, dapat mengurangi produksi air mata.
  • Kondisi Medis. Orang dengan rheumatoid arthritis, diabetes dan masalah tiroid lebih cenderung memiliki gejala mata kering. Mata kering juga dapat menyebabkan masalah dengan peradangan kelopak mata (blepharitis), radang kelopak mata atau kelengkungan internal atau eksternal kelopak mata.

Mata kering tingkat lanjut dapat merusak permukaan depan mata dan merusak penglihatan.

Gejala

Orang dengan mata kering mungkin mengalami mata yang teriritasi, kasar, tergores atau terbakar; merasakan sesuatu di matanya; mata berair yang berlebihan; dan penglihatan kabur. Gejalanya meliputi:

  • Mata Memerah.
  • Perasaan sakit, gatal atau terbakar.
  • Sensitivitas terhadap cahaya.
  • Mata berair.
  • Lendir berserat di dekat mata.
  • Penglihatan kabur.

Diagnosis

Mata kering dapat didiagnosis dengan pemeriksaan mata yang komprehensif. Pengujian dengan penekanan pada evaluasi kuantitas dan kualitas air mata yang diproduksi di mata dapat mencakup:

  • Riwayat pasien untuk mengidentifikasi gejala pasien dan untuk mengidentifikasi masalah kesehatan umum, obat-obatan, atau faktor lingkungan yang mungkin menyebabkan masalah mata kering.
  • Pemeriksaan mata eksternal, termasuk struktur anggota dan dinamika kedipan.
  • Evaluasi kelopak mata dan kornea dengan cahaya terang dan perbesaran.
  • Pengukuran jumlah dan kualitas air mata untuk setiap kelainan. Pewarna khusus dapat diterapkan pada mata untuk lebih mengamati aliran air mata dan untuk menunjukkan kemungkinan perubahan pada permukaan luar mata karena robekan yang tidak mencukupi.

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari tes, dokter mata dapat menentukan apakah Anda memiliki mata kering dan memberi saran tentang pilihan pengobatan.

Perawatan

Perawatan mata kering bertujuan untuk mengembalikan atau mempertahankan jumlah normal air mata di mata untuk mengurangi kekeringan dan ketidaknyamanan terkait dan untuk menjaga kesehatan mata. Mata kering bisa menjadi kondisi kronis, tetapi dokter mata Anda mungkin meresepkan perawatan untuk menjaga mata Anda tetap sehat dan nyaman dan tidak mempengaruhi penglihatan Anda. Teknik utama yang digunakan untuk mengobati dan mengobati mata kering meliputi pembesaran air mata dengan larutan air mata buatan, penyimpanan air mata, peningkatan produksi air mata, dan pengobatan radang kelopak mata atau permukaan mata yang berkontribusi terhadap mata kering.

  • Menambahkan air mata. Kasus mata kering yang ringan sering diobati dengan larutan air mata buatan yang dijual bebas. Ini dapat digunakan sesering yang diperlukan untuk meningkatkan produksi air mata alami. Larutan air mata buatan yang bebas pengawet direkomendasikan karena mengandung beberapa bahan yang dapat mengiritasi mata. Orang dengan mata kering yang tidak merespon air mata buatan hanya membutuhkan langkah tambahan untuk mengobati mata keringnya.
  • Menghemat air mata. Menghemat air mata alami dalam waktu lama dapat mengurangi gejala mata kering. Ini dapat dicapai dengan memblokir saluran air mata, tempat air mata biasanya mengalir. Saluran air mata dapat diblokir dengan silikon kecil atau sumbat gel, yang dapat dilepas jika perlu. Atau operasi dapat menutup saluran air mata secara permanen. Dalam kedua kasus, tujuannya adalah untuk menahan air mata yang ada di mata lebih lama untuk mengurangi masalah yang terkait dengan mata kering.
  • Meningkatkan produksi air mata. Optometri dapat meresepkan obat tetes mata yang meningkatkan produksi air mata. Mengambil suplemen makanan dengan asam lemak omega-3 juga dapat membantu.
  • Mengobati kelopak mata yang berkontribusi atau peradangan permukaan mata. Seorang dokter mata mungkin meresepkan obat tetes mata atau salep, kompres hangat dan pijat kelopak mata, serta pembersih kelopak mata untuk membantu mengurangi peradangan di sekitar mata.

Pencegahan

Anda dapat mengambil langkah-langkah berikut untuk meredakan gejala mata kering:

  • Ingatlah untuk berkedip secara teratur saat membaca atau menatap layar komputer dalam waktu lama.
    Tingkatkan kelembapan di tempat kerja dan di rumah.
  • Kenakan kacamata hitam di luar ruangan, terutama yang memiliki pelek, untuk mengurangi paparan angin dan sinar matahari.
  • Suplemen nutrisi yang mengandung asam lemak esensial dapat membantu mengurangi gejala mata kering pada beberapa orang. Tanyakan kepada dokter Anda apakah mengonsumsi suplemen dapat membantu mengatasi masalah mata kering. Hindari dehidrasi dengan banyak minum air putih (8 sampai 10 gelas) sehari.
  • Hindari meniupkan udara ke mata Anda dengan menjauhkan pemanas di mobil Anda dari wajah Anda.
  • Hindari lingkungan yang lebih kering dari biasanya, seperti gurun, pesawat terbang, dan daerah di ketinggian.


Our Vision


No person with a blinding condition, eye disease, or visual impairment should be without hope, understanding, and treatment.


Contact Us


Hubungi Kami

(031) 8495502, (031) 8433050
082143717979 ( WA only)


Kunjungi Kami

Jalan Raya Jemursari No. 108,
Surabaya, Indonesia


Email Kami

admin@surabayaeyeclinic.id



Lokasi Kami



Media Sosial


Instagram


facebook


Twitter


Youtube




CopyRight, 2024 | Managed by Markbro




WeCreativez WhatsApp Support
Tim CS Kami Siap Membantu Anda. Silahkan Tanya Kami!