Orang Tua Perlu Memperhatikan Kebiasaan Anak Agar Tidak Merusak Mata Mereka

May 28, 2024 by markbro
artikel-2024-05-28T084714.698.png

Orang tua kadang-kadang mungkin tidak menyadari dan membiarkan kebiasaan sehari-hari itu terjadi, yang dapat menyebabkan kerusakan mata, terutama pada anak-anak. Namun, semakin lama dibiarkan, risiko kerusakan mata dan penurunan fungsi indra penglihatan meningkat.

Terlalu lama menatap layar handphone hingga tidak mampu menyampaikan gejala penyakit mata sering menjadi pemicu kerusakan mata yang rentan pada anak-anak. Oleh karena itu, dibutuhkan lebih banyak perhatian dan pemeriksaan rutin untuk mengidentifikasi risiko gangguan mata dan untuk mencegah kerusakan berkembang menjadi kondisi yang lebih buruk.

 

Beberapa Kebiasaan Merusak Mata Anak

Tanpa disadari, beberapa aktivitas sehari-hari ternyata dapat memengaruhi kesehatan mata Anda. Ini harus diperhatikan, terutama pada anak-anak karena kerusakan pada mata dapat mengganggu perkembangan mereka dan membuat mereka kehilangan kesempatan, seperti bekerja di bidang yang membutuhkan kesehatan mata.

Ada beberapa kebiasaan yang dapat membahayakan mata anak, seperti:

  • Layar perangkat
    Terlalu lama menatap layar perangkat elektronik atau komputer dapat menyebabkan mata lelah dan sakit kepala karena otot mata bekerja lebih banyak untuk melihat layar. Sinar biru, yang juga dikenal sebagai “sinar biru”, dapat menyebabkan degenerasi makula pada retina mata. Jika diabaikan, dapat menyebabkan kebutaan.
  • Keluar tanpa perlindungan
    Selain itu, jika Anda terbiasa keluar rumah tanpa pelindung mata, seperti kacamata hitam, maka Anda berisiko mengalami kerusakan mata. Sinar ultraviolet yang dipancarkan matahari harus diabaikan karena dapat membahayakan mata dan menyebabkan penyakit seperti katarak, degenerasi makula, atau pterygium.
  • Cedera pada Mata
    Anak-anak sering mengalami cedera pada mata karena mereka aktif, yang dapat menyebabkan kerusakan permanen pada mata jika diabaikan begitu saja. Sayangnya, anak-anak sering mengabaikan dan tidak bisa menyampaikan gejala cedera dengan baik. Dalam hal ini, risiko kerusakan mata dapat meningkat. Ingatlah untuk menghindari cedera yang menyebabkan penglihatan kabur, kesulitan membuka mata, bercak di area tertentu, ketidakmampuan bola mata untuk bergerak, dan perbedaan antara kedua mata.
  • Benda Lain
    Anak-anak biasanya sangat ingin tahu dan tertarik pada semua hal. Ini dapat menyebabkan Si Kecil memasukkan atau meletakkan benda asing ke matanya. Kebiasaan memasukkan benda asing ke mata dapat menyebabkan iritasi, kemerahan, dan kerusakan mata.
  • Tidak Melakukan Pemeriksaan Rutin
    Kebiasaan mengabaikan pemeriksaan mata secara teratur dapat meningkatkan risiko kerusakan mata. Ini karena penyakit mata dapat terlambat ditangani dan berisiko menimbulkan komplikasi parah. Selain itu, jika anak tidak mengetahui riwayat penyakit mata dalam keluarganya, kondisi ini dapat diperburuk.

 

Jika Anda merasakan gangguan mata yang berkelanjutan, segera kunjungi Surabaya Eye Clinic untuk mendapatkan perawatan dan pengobatan yang tepat bagi mata Anda.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi kami di:

  • (031) 8495502
  • (031) 8433050
  • 082143717979 (WA only)

Atau Anda bisa kunjungi Surabaya Eye Clinic di Jalan Raya Jemursari No. 108, Surabaya, Indonesia

markbro



Our Vision


No person with a blinding condition, eye disease, or visual impairment should be without hope, understanding, and treatment.


Contact Us


Hubungi Kami

(031) 8495502, (031) 8433050
082143717979 ( WA only)


Kunjungi Kami

Jalan Raya Jemursari No. 108,
Surabaya, Indonesia


Email Kami

admin@surabayaeyeclinic.id



Lokasi Kami



Media Sosial


Instagram


facebook


Twitter


Youtube




CopyRight, 2024 | Managed by Markbro




WeCreativez WhatsApp Support
Tim CS Kami Siap Membantu Anda. Silahkan Tanya Kami!