Hilangkan Mata Bengkak Di Rumah

June 6, 2024 by markbro
artikel-2024-06-06T104837.631.png

Cara mengempeskan mata bengkak dapat mempercepat pemulihan kondisi yang mengganggu penampilan dan aktivitas ini. Beberapa metode ini bahkan dapat dilakukan dengan bahan-bahan yang tersedia di rumah Anda sendiri, tanpa harus mengeluarkan uang banyak.

Mata bengkak dapat disebabkan oleh banyak hal, seperti kurang tidur, menangis, reaksi alergi, hingga gejala penyakit seperti konjungtivitis, blefaritis, bintitan, selulitis, herpes zoster, dan penyakit Graves. Biasanya, mata bengkak akan sembuh sendiri dalam beberapa hari.

Namun, ada beberapa cara untuk mengatasi mata bengkak dan mempercepat penyembuhannya. Cara-cara ini tidak rumit, dan bahannya dapat ditemukan di rumah.

 

Metode Mengempeskan Mata Bengkak

Pengobatan untuk mata bengkak bergantung pada penyebabnya. Jika itu disebabkan oleh infeksi, dokter mungkin meresepkan obat antibiotik atau salep untuk mengurangi peradangan dan meringankan gejala. Selain itu, Anda dapat mengurangi pembengkakan mata dengan cara-cara berikut untuk mempercepat penyembuhannya:

  • Kompres dengan kompres hangat
    Untuk meredakan mata bengkak, kompres hangat dapat membantu. Ini dapat meredakan bengkak yang disebabkan oleh alergi, penyumbatan kelenjar minyak pada kelopak mata, atau peradangan ringan. Otot mata dapat merelaksasi dengan kompres hangat. Untuk membuat kompres hangat, campurkan kain bersih dengan air hangat. Kemudian, kompres kain ke mata yang bengkak selama lima belas menit. Ulangi prosedur ini dua kali setiap hari.
  • Tempelkan irisan mentimun di atas mata
    Mentimun, berkat kandungan vitamin C dan asam folatnya, dapat membantu mengempeskan mata yang bengkak. Selain itu, sifat antiinflamasinya dapat menenangkan kulit dan membuat kulit di sekitar mata lebih segar. Sebelum digunakan, dinginkan mentimun dengan menyimpannya di dalam kulkas selama beberapa saat. Setelah itu, cuci mentimun sampai bersih dan potongnya menjadi irisan tipis. Berbaringlah dengan santai, lalu letakkan irisan mentimun di kedua kelopak mata Anda sampai dinginnya hilang.
  • Pijat area mata Anda
    Untuk mengempeskan mata bengkak, pijatan lembut di sekitar mata dapat membantu mengeluarkan cairan yang mengendap dan mengurangi ketegangan otot di sekitar mata. Pijat area mata yang bengkak dengan ujung jari dengan gerakan melingkar selama beberapa menit. Jangan memijat terlalu keras dan hentikan pijatan jika terasa sakit. Gua sha dapat digunakan untuk memijat area sekitar mata Anda dengan jari. Aroma dingin batu giok yang dihasilkannya akan membuat Anda merasa lebih santai dan segar.
  • Beri obat tetes mata
    Cara selanjutnya untuk mengurangi bengkak di mata adalah dengan menggunakan obat tetes mata. Obat tetes mata yang mengandung tetrahydrozoline dapat dibeli secara bebas dan digunakan sebanyak satu tetes pada masing-masing mata setiap 8 hingga 12 jam sekali. Anda juga dapat mengikuti aturan pakai yang tertera pada kemasan.

Anda dapat menggunakan obat tetes mata yang mengandung antihistamin untuk mengurangi kemerahan, terbakar, dan gatal pada mata yang disebabkan oleh alergi ringan. Namun, pastikan untuk mengikuti anjuran yang tertera pada label kemasan saat menggunakannya.

 

Jika Anda merasakan gangguan mata yang berkelanjutan, segera kunjungi Surabaya Eye Clinic untuk mendapatkan perawatan dan pengobatan yang tepat bagi mata Anda.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi kami di:

  • (031) 8495502
  • (031) 8433050
  • 082143717979 (WA only)

Atau Anda bisa kunjungi Surabaya Eye Clinic di Jalan Raya Jemursari No. 108, Surabaya, Indonesia

markbro



Our Vision


No person with a blinding condition, eye disease, or visual impairment should be without hope, understanding, and treatment.


Contact Us


Hubungi Kami

(031) 8495502, (031) 8433050
082143717979 ( WA only)


Kunjungi Kami

Jalan Raya Jemursari No. 108,
Surabaya, Indonesia


Email Kami

admin@surabayaeyeclinic.id



Lokasi Kami



Media Sosial


Instagram


facebook


Twitter


Youtube




CopyRight, 2024 | Managed by Markbro




WeCreativez WhatsApp Support
Tim CS Kami Siap Membantu Anda. Silahkan Tanya Kami!