Selaput Mata: Kenali Penyebabnya dan Gejalanya

April 18, 2024 by markbro
artikel-2024-04-18T111227.310.png

Selaput mata, juga dikenal sebagai pterygium, adalah gangguan yang ditandai dengan tumbuhnya lapisan sel berlebih di sekitar mata. Beberapa hal, seperti iritasi atau paparan sinar ultraviolet (UV), dapat menyebabkan kondisi ini.

Semua organ mata memiliki selaput bening pelindung yang disebut konjungtiva. Namun, dalam beberapa kasus, bagian putih bola mata mungkin memiliki selaput mata yang tidak normal. Selaput ini merupakan pertumbuhan jaringan berlebih pada konjungtiva.

Tumbuhnya selaput mata di area putih mata ini biasanya menyebabkan gejala seperti mata merah, gatal di area selaput mata, dan ketidaknyamanan saat menggerakan mata. Jika selaput mata ini terus tumbuh, selaput mata ini dapat menutupi bagian mata yang berfungsi untuk melihat.  Ini akan menyebabkan gangguan penglihatan, yang menjadikannya lebih berbahaya. Akibatnya, kondisi ini membutuhkan penanganan, termasuk penggunaan obat-obatan dan prosedur operasi. Hal ini bergantung pada seberapa parah itu.

 

Penyebab Selaput Mata

Meskipun penyebab timbulnya selaput mata belum diketahui secara pasti, orang yang terpapar sinar mata ultraviolet lebih sering mengalaminya. Mereka yang sering bekerja dan menghabiskan waktu di luar ruangan juga lebih rentan terhadap serangan pterigium.

Selain itu, terpapar zat-zat seperti debu, pasir, asap, dan angin dapat meningkatkan kemungkinan munculnya selaput mata. Pterigium tampaknya jarang terjadi pada anak kecil, meskipun dapat terjadi pada berbagai usia.

 

Gejala Selaput Mata

Tumbuhnya selaput mata tidak selalu menunjukkan gejala pada awalnya. Namun, seiring berjalannya waktu, kondisi ini biasanya menyebabkan berbagai keluhan, seperti

  • Di area bola mata, ada benjolan kemerahan yang menyerupai selaput.
  • Mata menjadi kering
  • Gatal dan sensasi panas
  • Tidak nyaman menggerakkan mata
  • Penglihatan yang kabur

Perlu diingat bahwa gejala-gejala tersebut muncul sesuai dengan tingkat keparahan selaput mata yang tumbuh. Dalam beberapa kasus, selaput mata dapat tumbuh sampai ke kornea, mengganggu penglihatan.

 

Jika Anda merasakan gangguan mata yang berkelanjutan, segera kunjungi Surabaya Eye Clinic untuk mendapatkan perawatan dan pengobatan yang tepat bagi mata Anda.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi kami di:

  • (031) 8495502
  • (031) 8433050
  • 082143717979 (WA only)

Atau Anda bisa kunjungi Surabaya Eye Clinic di Jalan Raya Jemursari No. 108, Surabaya, Indonesia

markbro



Our Vision


No person with a blinding condition, eye disease, or visual impairment should be without hope, understanding, and treatment.


Contact Us


Hubungi Kami

(031) 8495502, (031) 8433050
082143717979 ( WA only)


Kunjungi Kami

Jalan Raya Jemursari No. 108,
Surabaya, Indonesia


Email Kami

admin@surabayaeyeclinic.id



Lokasi Kami



Media Sosial


Instagram


facebook


Twitter


Youtube




CopyRight, 2024 | Managed by Markbro




WeCreativez WhatsApp Support
Tim CS Kami Siap Membantu Anda. Silahkan Tanya Kami!