Mari Mengenal, Apa Itu Tes Ishihara

January 9, 2024 by markbro
artikel-2024-01-09T135953.156.png

Tes Ishihara digunakan untuk menilai kapasitas mata dalam melihat dan membedakan warna. Tes ini paling sering digunakan untuk mendiagnosis buta warna total atau sebagian. Buta warna tidak serta merta membuat pasien menganggap semua warna sebagai abu-abu. Buta warna seperti ini sangat tidak biasa. Penderita buta warna seringkali tidak dapat membedakan warna yang berbeda, seperti merah dari hijau atau biru dari kuning.

Tes Ishihara dapat digunakan untuk mengetahui apakah seseorang mengalami buta warna. Tes buta warna ini dapat dilakukan di rumah sakit oleh dokter mata atau di rumah. Meski bisa dilakukan secara mandiri, namun jika hasil pemeriksaan di rumah menunjukkan bahwa Anda menderita buta warna, sebaiknya konsultasikan ke dokter segera untuk memastikan diagnosisnya.

 

Seperti Apa Indikasi Tes Ishihara

Tes Ishihara dapat dilakukan pada siapa saja. Dokter biasanya meresepkan tes Ishihara untuk kondisi berikut:

  • Memiliki anggota keluarga yang menderita buta warna.
  • Mengalami kesulitan membedakan warna, seperti tidak bisa membedakan warna hijau dan merah.
  • Mengalami kesulitan dalam mempersepsikan suatu warna cerah atau tidak, seperti tidak dapat membedakan warna kuning muda dengan kuning muda
  • Mengalami kesulitan dalam mengidentifikasi corak warna, seperti tidak bisa membedakan warna merah dan ungu.

 

Bagaimana Prosedur Tes Ishihara

Tes Ishihara dilakukan di ruangan dengan pencahayaan cukup. Dokter mata akan menguji kedua mata pasien satu per satu. Selama prosedur, pasien akan diinstruksikan untuk menutup salah satu matanya dan menatap gambar di kertas tes. Keseluruhan ujian Ishihara biasanya terdiri dari 38 kartu bergambar. Jika hanya untuk screening (tes pertama), kartu yang digunakan akan lebih sedikit.

Setiap kartu berisi gambar melingkar yang dibuat dari titik-titik dengan berbagai warna, tingkat kecerahan, dan ukuran. Titik-titik ini dapat disusun dalam pola angka, karakter, simbol, atau alur. Selama tes, pasien harus menutup salah satu matanya dan membaca karakter atau angka pada gambar. Setelah menyelesaikan satu sisi mata, dokter akan meminta pasien untuk menutup sisi lainnya dan mengulangi tes. Selain mengidentifikasi huruf atau angka pada gambar, dokter mungkin meminta pasien menjelaskan kecerahan warna yang mereka rasakan.

 

Jika Anda merasakan gangguan mata yang berkelanjutan, segera kunjungi Surabaya Eye Clinic untuk mendapatkan perawatan dan pengobatan yang tepat bagi mata Anda.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi kami di:

  • (031) 8495502
  • (031) 8433050
  • 082143717979 (WA only)

Atau Anda bisa kunjungi Surabaya Eye Clinic di Jalan Raya Jemursari No. 108, Surabaya, Indonesia

markbro



Our Vision


No person with a blinding condition, eye disease, or visual impairment should be without hope, understanding, and treatment.


Contact Us


Hubungi Kami

(031) 8495502, (031) 8433050
082143717979 ( WA only)


Kunjungi Kami

Jalan Raya Jemursari No. 108,
Surabaya, Indonesia


Email Kami

admin@surabayaeyeclinic.id



Lokasi Kami



Media Sosial


Instagram


facebook


Twitter


Youtube




CopyRight, 2024 | Managed by Markbro




WeCreativez WhatsApp Support
Tim CS Kami Siap Membantu Anda. Silahkan Tanya Kami!