Apa Saja Jenis Radang Mata?

January 8, 2024 by markbro
artikel-2024-01-08T113432.689.png

Radang mata yang disebut juga uveitis adalah kelainan yang menyebabkan pembengkakan pada lapisan tengah jaringan dinding mata (uvea). Peradangan mata dapat mempengaruhi salah satu atau kedua mata. Kondisi ini sering menyerang orang dewasa berusia 20 hingga 60 tahun.

Iritasi mata dapat terjadi secara tiba-tiba dan memburuk dengan cepat. Ketidaknyamanan pada mata, mata merah, dan gangguan penglihatan adalah tanda-tanda awal peradangan mata yang umum. Peradangan mata jika tidak segera ditangani dapat menyebabkan gangguan penglihatan, termasuk kebutaan.

 

Jenis-jenis Radang Mata

Peradangan mata diklasifikasikan ke dalam kategori berbeda berdasarkan lokasi terjadinya. Ini adalah:

  • Uveitis anterior (mata depan)
    Uveitis anterior juga dikenal sebagai iritis karena menyerang iris, atau area berwarna di bagian depan mata. Jenis iritasi mata yang paling sering terjadi adalah iritis. Gangguan ini dapat disebabkan oleh berbagai macam keadaan, termasuk kerusakan mata dan kondisi medis tertentu seperti rheumatoid arthritis, sifilis, tuberkulosis, dan herpes zoster.
  • Intermediate uveitis (mata tengah)
    Penyakit ini, umumnya dikenal sebagai iridosiklitis, menyerang uvea tengah. Istilah ‘menengah’ sebenarnya berkaitan dengan lokasi peradangan dan bukan tingkat keparahannya. Bentuk peradangan mata ini dapat menyerang siapa saja, meskipun lebih sering terjadi pada orang dewasa muda dan sering dikaitkan dengan penyakit autoimun seperti multiple sclerosis dan sarkoidosis.
  • Uveitis posterior (mata belakang)
    Karena menyerang koroid, yaitu jaringan pembuluh darah di mata yang mengangkut darah ke bagian belakang mata, radang mata ini disebut juga dengan koroiditis. Uveitis posterior lebih berbahaya dibandingkan uveitis anterior karena dapat merusak jaringan retina, mungkin mengakibatkan gangguan penglihatan atau kebutaan. Penyakit menular dan autoimun sering dikaitkan dengan bentuk peradangan mata ini.
  • Panuveitis
    Karena mempengaruhi seluruh uvea serta area penting mata (seperti iris, badan siliaris, dan koroid), panuveitis adalah jenis peradangan mata yang paling berbahaya. Panuveitis dapat menyebabkan berbagai gejala yang berhubungan dengan beberapa bentuk peradangan mata. Uveitis, atau radang mata, dapat terjadi secara tiba-tiba (akut) atau bertahap (kronis), dan dapat terulang kembali. Untuk mengatasinya, penyebab utama peradangan mata harus diatasi.

 

Jika Anda merasakan gangguan mata yang berkelanjutan, segera kunjungi Surabaya Eye Clinic untuk mendapatkan perawatan dan pengobatan yang tepat bagi mata Anda.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi kami di:

  • (031) 8495502
  • (031) 8433050
  • 082143717979 (WA only)

Atau Anda bisa kunjungi Surabaya Eye Clinic di Jalan Raya Jemursari No. 108, Surabaya, Indonesia

markbro



Our Vision


No person with a blinding condition, eye disease, or visual impairment should be without hope, understanding, and treatment.


Contact Us


Hubungi Kami

(031) 8495502, (031) 8433050
082143717979 ( WA only)


Kunjungi Kami

Jalan Raya Jemursari No. 108,
Surabaya, Indonesia


Email Kami

admin@surabayaeyeclinic.id



Lokasi Kami



Media Sosial


Instagram


facebook


Twitter


Youtube




CopyRight, 2024 | Managed by Markbro




WeCreativez WhatsApp Support
Tim CS Kami Siap Membantu Anda. Silahkan Tanya Kami!