Apa Saja Sih Penyebab Mata Merah

December 18, 2023 by markbro
artikel-2023-12-18T090818.871.png

Mata merah adalah suatu kondisi dimana bagian putih mata berubah menjadi merah. Pembuluh darah yang melebar atau bercak seperti darah dapat menyebabkan warna merah. Infeksi atau penyakit tidak menular lainnya, seperti alergi, dapat menyebabkan mata merah.

Mata merah dapat mengenai salah satu atau kedua mata. Masalah ini dapat berkembang secara bertahap atau tiba-tiba, misalnya akibat kecelakaan. Mata merah biasanya bukanlah penyakit berbahaya yang bisa sembuh dengan sendirinya. Namun, jika mata merah tidak kunjung sembuh atau memburuk, serta disertai rasa tidak nyaman dan kelainan penglihatan, segera temui dokter. Pemeriksaan diperlukan untuk mengetahui alasan dan tindakan terbaik.

 

Kenapa Mata Merah Bisa Terjadi

Secara umum, penyebab mata merah terbagi menjadi infeksi dan noninfeksi. Berikut adalah penjelasannya:

  • Infeksi
    Berikut adalah beberapa penyakit infeksi mata yang dapat menyebabkan keluhan mata merah:

    • Konjungtivitis
      Konjungtivitis muncul ketika virus atau bakteri menginfeksi selaput tipis yang menutupi bagian luar bola mata dan bagian dalam kelopak mata (konjungtiva). Penyakit ini paling sering dikaitkan dengan mata merah, terutama pada anak-anak.
    • Keratitis
      Keratitis, atau peradangan pada lapisan kornea mata, bisa menyebabkan mata merah. Infeksi yang disebabkan oleh bakteri, virus, jamur, atau parasit menyebabkan sindrom ini.
    • Ulserasi kornea
      Ulkus kornea atau luka pada kornea mata merupakan penyebab mata merah lainnya. Penyebab paling umum dari ulkus kornea adalah penyakit virus, bakteri, dan jamur.
    • Blefaritis
      Blepharitis adalah infeksi pada kelopak mata yang dapat menyebabkan mata merah dan bengkak. Infeksi bakteri Staphylococcus dapat menyebabkan blepharitis.
  • Non-infeksi
    Beberapa kondisi noninfeksi yang dapat menyebabkan mata merah antara lain:

    • Alergi
      Gejala alergi yang paling sering terjadi adalah mata merah. Alergi bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor, antara lain serbuk sari, bulu hewan, debu, dan tungau.
    • Cedera
      Mata merah bisa disebabkan oleh cedera seperti goresan, benturan, atau benda asing yang masuk ke mata. Akibatnya, pembuluh darah di mata membesar. Tujuannya adalah untuk meningkatkan aliran darah ke mata yang rusak guna mempercepat pemulihan.
    • Mata basah
      Mata kering dan kemerahan bisa disebabkan oleh penurunan produksi air mata atau peningkatan penguapan air mata. Mata kering biasanya muncul ketika seseorang menatap layar komputer dalam waktu lama tanpa berkedip.
    • Glaukoma
      Ada dua bentuk glaucoma yaitu, glaukoma sudut terbuka dan glaukoma sudut tertutup. Mata merah mungkin muncul secara tidak terduga pada glaukoma sudut tertutup.
    • Kanker mata
      Mata merah bisa disebabkan oleh kanker mata seperti retinoblastoma. Kanker mata jenis ini umum terjadi pada anak-anak.

markbro



Our Vision


No person with a blinding condition, eye disease, or visual impairment should be without hope, understanding, and treatment.


Contact Us


Hubungi Kami

(031) 8495502, (031) 8433050
082143717979 ( WA only)


Kunjungi Kami

Jalan Raya Jemursari No. 108,
Surabaya, Indonesia


Email Kami

admin@surabayaeyeclinic.id



Lokasi Kami



Media Sosial


Instagram


facebook


Twitter


Youtube




CopyRight, 2024 | Managed by Markbro




WeCreativez WhatsApp Support
Tim CS Kami Siap Membantu Anda. Silahkan Tanya Kami!