Kebiasaan Sepele yang Dapat Merusak Kinerja Mata

November 29, 2023 by markbro
artikel-2023-11-29T092118.471.png

Mata adalah organ sensorik yang merespons cahaya dan mengirimkan informasi visual ke otak. Mata merupakan salah satu indera yang penting bagi makhluk hidup untuk melihat. Oleh karena itu, menjaga kesehatan mata sangatlah penting, dan menghindari barang-barang yang dapat membahayakan kesehatan mata sangatlah penting.

Komputer, telepon seluler, dan laptop kini telah menjadi alat komunikasi dasar bagi masyarakat mulai dari bayi hingga orang tua, karena kehidupan tidak memerlukan cara berkomunikasi melalui gawai, terutama di masa pandemi Covid-19 saat ini. Radiasi dari perangkat elektronik dapat menyebabkan gangguan penglihatan.

 

Apa Saja Kebiasaannya

  • Merokok
    Merokok dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya katarak pada mata, serta menurunkan kesehatan mata, penglihatan kabur, dan degenerasi makula. Merokok juga menyebabkan sindrom mata kering, mata malas, glaukoma, konjungtivitis, kerusakan saraf optik, dan retinopati diabetik.
  • Menggosok mata
    Saat ada benda asing masuk ke mata, secara naluriah seseorang akan memijat matanya. Meskipun lebih baik, menggosok mata secara berlebihan dapat menyebabkan deformasi kornea dan goresan, sehingga membahayakan kesehatan mata. Kornea sangat sensitif dan mudah terluka jika digosok dengan kuat. Oleh karena itu, sebaiknya kita mencegah dan menghentikan kebiasaan mengucek mata.
  • Terlalu banyak menghabiskan waktu dengan gadget/menatap layar gadget
    Menatap layar perangkat dalam waktu lama biasanya meresahkan banyak orang. Ini disebut sebagai ketegangan mata digital. Penggunaan smartphone dan perangkat elektronik lainnya dalam jangka waktu lama dapat membuat seseorang terpapar cahaya biru pada layar. Karena otot mata bekerja ekstra keras saat menatap layar gadget, hal ini bisa menyebabkan mata lelah dan menimbulkan sakit kepala. Pasalnya, seseorang yang sering membaca, menatap layar komputer, atau menonton terlalu dekat, lebih rentan terkena rabun jauh (miopia). Akibatnya, kondisi ini bisa saja memperparah kondisi mata minus.
  • Jarang mengkonsumsi buah dan sayur
    Mengonsumsi sayuran dan buah-buahan dapat membantu meningkatkan kesehatan mata. Sayuran mengandung antioksidan dan vitamin yang membantu menjaga retina mata. Buah-buahan juga mengandung berbagai nutrisi, termasuk vitamin C, vitamin A, dan vitamin E, yang semuanya dapat membantu meningkatkan dan menjaga kesehatan mata.
  • Penggunaan kosmetik yang tidak aman
    Kosmetik seperti eyeliner, eye shadow, maskara, dan krim mata yang digunakan secara tidak tepat dapat mengganggu kesehatan mata dan membahayakan mata. Misalnya, menggunakannya terlalu dekat dengan bulu mata dapat menyumbat kelenjar minyak sehingga menyebabkan iritasi dan peradangan. Selain itu, jika bahan yang digunakan sudah kadaluwarsa, dapat menyebabkan iritasi mata, mata kering, dan gangguan mata lainnya.

markbro



Our Vision


No person with a blinding condition, eye disease, or visual impairment should be without hope, understanding, and treatment.


Contact Us


Hubungi Kami

(031) 8495502, (031) 8433050
082143717979 ( WA only)


Kunjungi Kami

Jalan Raya Jemursari No. 108,
Surabaya, Indonesia


Email Kami

admin@surabayaeyeclinic.id



Lokasi Kami



Media Sosial


Instagram


facebook


Twitter


Youtube




CopyRight, 2024 | Managed by Markbro




WeCreativez WhatsApp Support
Tim CS Kami Siap Membantu Anda. Silahkan Tanya Kami!