Dakrioadenitis

July 15, 2023 by markbro
Dakrioadenitis.png

Dakrioadenitis atau dacryoadenitis adalah inflamasi pada kelenjar air mata atau kelenjar lakrimal. Inflamasi ini dapat terjadi secara akut maupun kronis. Umumnya kondisi Dakrioadenitis dapat membaik dengan sendirinya, namun beberapa komplikasi yang dapat terjadi antara lain adalah ptosis, penurunan produksi air mata, dan mata kering. Apabila kondisi mata kering tidak diobati dengan adekuat, maka gangguan penglihatan yang lebih lanjut dan permanen akibat keterlibatan kornea dapat terjadi.

Ciri-ciri Dakrioadenitis

Diagnosis dakrioadenitis dapat ditegakkan melalui anamnesis dengan keluhan nyeri dan bengkak pada daerah kelopak mata. Pemeriksaan fisik menunjukkan eritema, nyeri tekan, dan pembesaran kelenjar air mata di superotemporal hingga bagian lateral kelopak terjatuh.

Pemerikasaan laboratorium, pencitraan, dan biopsy mungkin diperlukan pada kasus dakriodenitis akut yang tidak merespons terapi dan kasus dakrioadenitis kronis.

Penanganan Dakrioadenitis

Dakrioadenitis akut :

  • Kompres hangat
  • Antinyeri
  • Antibiotic bila penyebabnya bakteri

Dakrioadenitis kronis diperlukan menggunakan kortikosteroid oral

Pasien dakrioadenitis akut perlu diedukasi bahwa penyakit dapat sembuh sendiri dalam waktu 4-6 minggu dan hanya perlu diberikan antibiotic jika infeksi berasal dari bakteri. Pada pasien dakriodenitis kronis, diberikan edukasi tentang penggunaan kortikosteroid dan control rutin untuk penyakit autoimun yang menyertai.

markbro



Our Vision


No person with a blinding condition, eye disease, or visual impairment should be without hope, understanding, and treatment.


Contact Us


Hubungi Kami

(031) 8495502, (031) 8433050
082143717979 ( WA only)


Kunjungi Kami

Jalan Raya Jemursari No. 108,
Surabaya, Indonesia


Email Kami

admin@surabayaeyeclinic.id



Lokasi Kami



Media Sosial


Instagram


facebook


Twitter


Youtube




CopyRight, 2024 | Managed by Markbro




WeCreativez WhatsApp Support
Tim CS Kami Siap Membantu Anda. Silahkan Tanya Kami!