Retinopati Diabetik

February 22, 2022 by 3dpotr876
agji.jpg

Orang dengan diabetes dapat mengembangkan kondisi mata yang disebut retinopati diabetik. Ini terjadi ketika kadar gula darah tinggi merusak pembuluh darah di retina. Pembuluh darah ini bisa membengkak dan bocor. Atau mungkin pembuluh darah tersebut tersumbat, mencegah aliran darah. Terkadang pembuluh darah abnormal baru tumbuh di retina. Semua perubahan ini bisa menyebabkan kebutaan.

Ada dua tahap utama penyakit mata diabetes.

NPDR (non-proliferative diabetic retinopathy)

Ini adalah tahap awal penyakit mata diabetes. Banyak penderita diabetes menderita masalah ini.

Dengan NPDR, pembuluh darah kecil bocor, menyebabkan retina membengkak. Ketika bintik-bintik membengkak, itu disebut edema makula. Ini adalah alasan paling umum mengapa penderita diabetes memiliki penglihatan yang buruk. Selain itu, penggunaan NPDR dapat menyumbat pembuluh darah retina. Ini disebut iskemia makula. Ini mencegah darah mencapai makula. Kadang-kadang, partikel kecil yang disebut eksudat dapat menumpuk di retina. Ini juga dapat memengaruhi penglihatan Anda. Dengan NPDR, penglihatan Anda menjadi kabur.

PDR (proliferative diabetic retinopathy)

PDR adalah stadium paling lanjut dari penyakit mata diabetes. Ini terjadi ketika retina mata mulai membentuk pembuluh darah baru. Ini disebut angiogenesis. Pembuluh darah baru yang rapuh ini sering berdarah ke dalam vitreous humor. Dengan sedikit pendarahan, Anda mungkin melihat pelampung gelap. Pendarahan yang berlebihan benar-benar dapat mengganggu penglihatan.

Pembuluh darah baru ini dapat membentuk jaringan parut. Jaringan parut dapat menyebabkan masalah dengan makula atau menyebabkan ablasi retina.

PDR sangat berbahaya dan dapat merampok penglihatan sentral dan perifer (samping).

Apa Yang Terjadi Ketika Anda Mengalami Retinopati Diabetik?

Anda dapat menderita retinopati diabetik dan tidak mengetahuinya. Hal ini karena sering tidak memiliki gejala pada tahap awal. Saat retinopati diabetik semakin parah, Anda akan melihat gejala seperti:

  • Melihat peningkatan jumlah floaters,
  • Memiliki penglihatan kabur,
  • Memiliki penglihatan yang terkadang berubah dari kabur menjadi tajam,
  • Melihat area kosong atau gelap di bidang penglihatan Anda,
  • Penglihatan malam yang buruk dan
  • Warna tampak pucat atau pudar
  • Kehilangan penglihatan

Gejala retinopati diabetik biasanya mempengaruhi kedua mata.

Diagnosis Retinopati Diabetik

Obat tetes mata akan diteteskan ke dalam mata untuk melebarkan pupil. Ini memungkinkan dokter mata Anda untuk melihat mata Anda melalui lensa khusus.

Dokter Anda dapat melakukan optical coherence tomography (OCT) untuk melihat lebih dekat pada retina. Perangkat memindai retina dan memberikan gambar yang menggambarkan ketebalannya. Ini membantu dokter mengidentifikasi dan mengukur pembengkakan makula. Angiografi fluorescein, atau angiografi OCT, membantu dokter melihat apa yang terjadi di pembuluh darah retina. Angiografi fluorescein menggunakan pewarna kuning yang disebut fluorescein untuk disuntikkan ke pembuluh darah (biasanya di lengan). Pewarna bergerak melalui pembuluh darah. Kamera khusus mengambil gambar retina saat pewarna bergerak melalui pembuluh darah. Ini menunjukkan pembuluh darah tersumbat atau kebocoran cairan. Ini juga menunjukkan jika pembuluh darah abnormal tumbuh. Angiografi OCT adalah teknik baru dan tidak memerlukan warna untuk melihat pembuluh darah.

Apakah Retinopati Diabetik Dapat Diobati?

Perawatan Anda didasarkan pada apa yang dilihat dokter mata Anda di mata Anda. Pilihan pengobatannya adalah sebagai berikut:

Pemeriksaan kesehatan

Dengan mengontrol gula darah dan tekanan darah, Anda dapat mencegah kehilangan penglihatan. Hati-hati mengikuti diet yang direkomendasikan oleh ahli gizi. Minum obat yang diresepkan dokter diabetes Anda untuk Anda. Terkadang, kontrol gula yang baik dapat mengembalikan sebagian penglihatan Anda. Dengan mengontrol tekanan darah, itu membuat pembuluh darah di mata tetap sehat.

Obat-obatan

Salah satu jenis obat disebut obat anti-VEGF. Ini termasuk Avastin, Ilia dan Lucentis. Obat anti-VEGF dapat mengurangi peradangan makula, menunda alopecia, dan memperbaiki penglihatan. Obat ini diberikan dengan cara disuntikkan ke mata. Steroid topikal adalah pilihan lain untuk mengurangi pembengkakan makula. Ini juga diberikan sebagai suntikan ke mata. Dokter Anda akan memberi tahu Anda berapa banyak suntikan obat yang Anda perlukan dari waktu ke waktu.

Operasi laser

Operasi laser dapat digunakan untuk menutup pembuluh darah yang bocor. Dapat mengurangi pembengkakan retina. Operasi laser juga dapat membantu mempersempit pembuluh darah dan mencegahnya tumbuh lagi. Terkadang diperlukan lebih dari satu perawatan.

Vitrektomi

Jika PDR sudah lanjut, dokter mata Anda dapat merekomendasikan prosedur bedah yang disebut vitrektomi. Dokter mata Anda menghilangkan gel vitreous dan darah dari pembuluh darah yang bocor di bagian belakang mata Anda. Hal ini memungkinkan sinar untuk difokuskan dengan benar pada retina. Jaringan parut juga dapat muncul dari retina.

5 cara untuk mencegah kehilangan penglihatan akibat retinopati diabetik

  • Jika Anda menderita diabetes, bicarakan dengan dokter perawatan primer Anda tentang cara mengontrol gula darah Anda. Gula darah tinggi merusak pembuluh darah retina. Itu menyebabkan kehilangan penglihatan.
  • Apabila Anda memiliki tekanan darah tinggi atau masalah ginjal, anyakan kepada dokter Anda tentang cara untuk mengelola dan mengobati masalah ini.
  • Temui dokter mata Anda secara teratur untuk pemeriksaan mata yang melebar. Retinopati diabetik dapat ditemukan bahkan sebelum Anda menyadari adanya masalah penglihatan.
  • Jika Anda melihat perubahan penglihatan pada satu atau kedua mata, hubungi dokter mata Anda segera.
    Dapatkan pengobatan untuk retinopati diabetik sesegera mungkin. Ini adalah cara terbaik untuk mencegah kehilangan penglihatan.

 



Our Vision


No person with a blinding condition, eye disease, or visual impairment should be without hope, understanding, and treatment.


Contact Us


Hubungi Kami

(031) 8495502, (031) 8433050
082143717979 ( WA only)


Kunjungi Kami

Jalan Raya Jemursari No. 108,
Surabaya, Indonesia


Email Kami

admin@surabayaeyeclinic.id



Lokasi Kami



Media Sosial


Instagram


facebook


Twitter


Youtube




CopyRight, 2024 | Managed by Markbro




WeCreativez WhatsApp Support
Tim CS Kami Siap Membantu Anda. Silahkan Tanya Kami!