Mata Lelah

January 27, 2022 by 3dpotr876
stressed-male-massaging-nose-bridge-suffering-from-headache-1200x800.jpg

Diagnosis

Dokter mata Anda akan menanyakan tentang faktor-faktor yang mungkin menyebabkan gejala Anda. Ia akan melakukan pemeriksaan mata, termasuk menguji penglihatan Anda.

Perawatan

Umumnya, mengobatimata lelah melibatkan perubahan pada rutinitas atau lingkungan harian Anda. Beberapa orang mungkin memerlukan perawatan untuk kondisi mata yang mendasarinya.

Bagi sebagian orang, memakai kacamata untuk aktivitas tertentu, seperti saat menggunakan komputer atau membaca, membantu mengurangi ketegangan mata. Dokter Anda mungkin menyarankan Anda untuk mengambil istirahat mata secara teratur untuk memfokuskan mata Anda pada interval yang berbeda.

Gaya hidup dan pengobatan di rumah

Ikuti tips ini untuk mengurangi atau mencegah mata lelah.

  • Sesuaikan cahaya. Saat menonton TV, mungkin lebih mudah bagi mata Anda untuk menerangi ruangan dengan cahaya redup.Saat membaca materi cetakan atau melakukan kegiatan close-up, coba tempatkan sumber cahaya di belakang Anda dan fokuskan cahaya ke layar atau kantor Anda. Jika Anda belajar di belakang meja, gunakan lampu yang teduh di depan Anda. Tudung memastikan bahwa cahaya tidak bersinar langsung ke mata Anda.
  • Istirahat. Saat melakukan pekerjaan jarak dekat, istirahatlah dari waktu ke waktu dan rilekskan mata Anda dengan melihat layar digital.
  • Batasi waktu layar. Ini sangat penting bagi anak-anak, yang tidak mengaitkan menatap lama dengan mata lelah dan kebutuhan untuk istirahat mata secara teratur.
  • Gunakan air mata buatan. Air mata buatan yang dijual bebas dapat membantu mencegah dan meredakan mata kering. Gunakan bahkan ketika Anda merasa nyaman dengan mata Anda agar tetap terhidrasi dan mencegah gejala berulang.

    Dokter Anda dapat memberi tahu Anda tentang obat tetes mata mana yang terbaik untuk Anda. Tetes air tanpa bahan pengawet dapat digunakan sesering yang Anda suka. Jika obat tetes yang Anda gunakan mengandung bahan pengawet, jangan digunakan lebih dari 4 kali sehari. Hindari obat tetes mata yang mengandung penghilang kemerahan karena dapat memperburuk gejala mata kering.

  • Tingkatkan kualitas udara di ruangan Anda. Beberapa perubahan yang dapat membantu mencegah mata kering adalah menggunakan pelembab dan menyesuaikan termostat untuk mengurangi aliran udara dan menghindari asap. Jika Anda merokok, pertimbangkan untuk berhenti. Memindahkan kursi ke lokasi yang berbeda dapat mengurangi jumlah udara kering yang masuk ke mata dan wajah Anda.

Pilih kacamata yang tepat untuk Anda. Jika Anda membutuhkan kacamata atau lensa kontak dan Anda bekerja dengan komputer, belilah kacamata atau lensa kontak yang dirancang khusus untuk pekerjaan komputer. Tanyakan kepada dokter mata Anda tentang penutup lensa dan nuansa yang dapat membantu.

Tips untuk bekerja di depan komputer

Penggunaan komputer adalah salah satu penyebab paling umum dari mata lelah. Jika Anda bekerja di belakang meja dan menggunakan komputer, langkah-langkah perawatan diri ini dapat membantu mengurangi ketegangan mata Anda.

  • Sering berkedip untuk menyegarkan mata. Banyak orang mengedipkan mata lebih sedikit dari biasanya saat menggunakan komputer, yang dapat menyebabkan mata kering. Berkedip menghasilkan air mata yang melembabkan dan menyegarkan mata Anda. Cobalah untuk membiasakan diri banyak berkedip saat melihat layar.
  • Istirahatkan mata Anda. Istirahatkan mata Anda sepanjang hari dengan mengalihkan pandangan dari layar. Coba aturan 20-20-20: Setiap 20 menit, lihat sesuatu sejauh 20 kaki (6 meter) setidaknya selama 20 detik.
  • Kontrol pencahayaan dan kurangi silau. Cahaya yang terang dan silau yang intens dapat melelahkan mata Anda dan menyulitkan Anda untuk melihat objek di layar Anda. Masalah terburuk biasanya datang dari sumber di atas atau di belakang Anda, termasuk lampu neon dan sinar matahari. Pertimbangkan untuk mematikan beberapa atau semua skylight.

    Jika Anda membutuhkan cahaya untuk menulis atau membaca, gunakan lampu meja yang dapat disesuaikan. Tutup tirai dan jangan letakkan layar Anda langsung di depan jendela atau dinding putih. Oleskan lapisan anti-radiasi ke layar.

  • Sesuaikan posisi layar Anda. Posisikan layar tepat di depan Anda setinggi lengan, dengan bagian atas layar setinggi atau tepat di bawah ketinggian mata. Ini juga membantu untuk memiliki kursi untuk bersandar.
  • Gunakan pemegang dokumen. Jika Anda perlu menggunakan konten tercetak saat bekerja dengan komputer, letakkan di tempat dokumen. Beberapa alas dirancang agar pas di antara keyboard dan layar. Sisanya tetap. Temukan yang cocok untuk Anda. Tujuannya adalah untuk mengurangi kebutuhan untuk mereset mata dan mengurangi jumlah putaran leher dan kepala.
  • Sesuaikan pengaturan layar Anda. Perbesar teks agar lebih mudah dibaca. Sesuaikan kontras dan kecerahan sesuai keinginan Anda.

Obat alternatif

Beberapa gejala mata lelah dapat dikurangi dengan produk alami seperti ekstrak blueberry dan asam lemak omega-3 yang ditemukan dalam minyak ikan, tetapi penelitian lebih lanjut diperlukan. Bicaralah dengan dokter Anda jika Anda berencana untuk mengonsumsi suplemen makanan untuk meredakan tanda dan gejala Anda.



Our Vision


No person with a blinding condition, eye disease, or visual impairment should be without hope, understanding, and treatment.


Contact Us


Hubungi Kami

(031) 8495502, (031) 8433050
082143717979 ( WA only)


Kunjungi Kami

Jalan Raya Jemursari No. 108,
Surabaya, Indonesia


Email Kami

admin@surabayaeyeclinic.id



Lokasi Kami



Media Sosial


Instagram


facebook


Twitter


Youtube




CopyRight, 2024 | Managed by Markbro




WeCreativez WhatsApp Support
Tim CS Kami Siap Membantu Anda. Silahkan Tanya Kami!