Mata Silinder (Astigmatisme)

January 19, 2022 by 3dpotr876
female-optician-measuring-her-sight-1200x800.jpg

Mata Silinder atau astigmatisme adalah suatu kondisi di mana mata Anda, terutama kornea atau bagian depan bola mata yang bening, tidak sepenuhnya bulat.

Idealnya, bola mata berbentuk seperti bola bulat sempurna. Cahaya masuk ke dalam mata dan dibelokkan secara merata, yang memberi pandangan yang jelas. Tetapi jika kornea lebih berbentuk melonjong, cahaya akan lebih dibelokkan ke satu arah daripada yang lain. Itu berarti hanya sebagian dari objek yang menjadi fokus. Hal-hal di kejauhan mungkin terlihat buram.

Memiliki astigmatisme bersama dengan rabun jauh (miopia) atau rabun dekat (hiperopia) adalah umum. Ketiga kondisi ini disebut kelainan refraksi karena melibatkan cara mata membelokkan (membiaskan) cahaya.

Astigmatisme cukup mudah untuk diperbaiki oleh dokter mata dengan kacamata, kontak, atau operasi.

Gejala Astigmatisme

Gejala astigmatisme mungkin termasuk:

  • Penglihatan kabur atau terdistorsi
  • Ketegangan mata
  • Sakit kepala
  • Kesulitan melihat di malam hari

Penyebab Astimatisme

Kebanyakan orang yang mengidap astigmatisme terlahir dengan astigmatisme, tetapi para ahli tidak tahu mengapa. Cedera mata, penyakit mata, atau operasi juga dapat menyebabkan astigmatisme.

Terkadang, suatu kondisi yang disebut keratokonus dapat menyebabkan astigmatisme dengan membuat bagian depan mata (kornea) lebih tipis dan lebih berbentuk kerucut. Lensa kontak (bukan kacamata) mungkin diperlukan untuk melihat dengan jelas.

Membaca dalam cahaya redup atau duduk terlalu dekat dengan TV tidak dapat menyebabkan astigmatisme.

Diagnosis Astigmatisme

Gejala astigmatisme datang perlahan. Pergi ke dokter mata jika Anda melihat perubahan dalam penglihatan Anda. Anda akan memerlukan pemeriksaan mata lengkap. Dokter Anda akan menguji ketajaman penglihatan Anda dengan meminta Anda membaca Snellen Chart. Mereka juga akan menggunakan alat untuk mengukur penglihatan Anda, termasuk:

Phoropter. Anda melihat melalui serangkaian lensa untuk menemukan lensa yang memberi Anda penglihatan paling jelas.

Keratometer. Mesin ini mengukur lekukan di tengah kornea Anda. Ia menemukan kurva paling curam dan datar. Pengukuran memberi tahu dokter Anda tentang bentuk kornea Anda dan seberapa baik fokusnya.

Autorefractor. Perangkat ini menyorotkan cahaya ke mata Anda dan mengukur perubahannya saat memantul dari belakang. Ini memberi dokter Anda gambaran tentang lensa mana yang Anda butuhkan.

Topografi kornea. Teknologi ini memberikan informasi paling detail tentang bentuk kornea Anda. Dokter memberitahu Anda untuk melihat titik tertentu. Sementara itu, perangkat mengumpulkan ribuan pengukuran kecil. Komputer membuat peta warna kornea Anda dari data. Dokter Anda akan merujuknya jika mereka merencanakan operasi untuk astigmatisme atau katarak. Mereka mungkin menggunakannya untuk menyesuaikan kontak. Ini juga dapat membantu mendiagnosis keratokonus.

Perawatan Astigmatisme

Kacamata atau kontak dapat mengoreksi hampir semua kasus astigmatisme. Tetapi jika Anda hanya memiliki sedikit astigmatisme dan tidak ada masalah penglihatan lainnya, Anda mungkin tidak membutuhkannya.Jika Anda memiliki tingkat astigmatisme yang sama, Anda mungkin memerlukan lensa korektif, seperti kacamata atau lensa kontak, atau operasi. Lensa kacamata melengkung untuk melawan bentuk kornea atau lensa yang menyebabkan penglihatan kabur. Mereka berfungsi dengan baik saat Anda melihat lurus ke depan. Tetapi tergantung pada seberapa banyak koreksi yang Anda butuhkan, mereka mungkin membuat lantai atau dinding terlihat miring. Efek ini akan hilang saat Anda terbiasa. Jika Anda memiliki astigmatisme yang parah, mungkin diperlukan waktu sekitar satu minggu. Mulailah dengan memakai kacamata pertama di pagi hari, selama beberapa jam setiap kali, dan sesuaikan perlahan. Jika penglihatan Anda tidak membaik, mintalah dokter Anda untuk memeriksa resep Anda.Lensa kontak juga dapat membantu, tetapi Anda memerlukan pasangan khusus.Semua kontak berputar saat Anda berkedip. Lensa lunak yang digunakan untuk astigmatisme, yang disebut lensa toric, dirancang untuk kembali ke tempat yang sama setiap saat.

Lensa kontak permeabel gas (keras) yang kaku adalah pilihan yang lebih baik jika astigmatisme Anda parah. Dokter dapat menggunakannya untuk kontak rutin Anda atau untuk prosedur yang disebut orthokeratology. Anda memakai lensa saat Anda tidur, dan lensa itu membentuk kembali kornea Anda. Anda harus terus memakai lensa untuk mempertahankan bentuk baru ini, tetapi Anda tidak perlu sering memakainya.

Operasi mata laser (LASIK atau PRK) membentuk kembali kornea Anda sehingga dapat memfokuskan sinar cahaya dengan lebih baik. Dokter mematikan mata Anda dengan obat tetes dan menggunakan alat mekanis steril (atau laser lain) untuk membuat lipatan tipis pada kornea Anda. Mereka menariknya kembali untuk mengekspos lapisan tengah kornea Anda dan menggunakan laser untuk memahatnya. Kemudian, mereka mengembalikan penutup ke posisi semula. Akhirnya, mereka memberi Anda obat tetes mata antiinflamasi dan antibiotik. Begitu mereka menutupi mata Anda dengan perisai transparan, Anda siap untuk pulang. Biayanya berkisar dari $700 hingga $3,500 per mata. Karena Anda memilih untuk mendapatkan prosedur penggantian kacamata, LASIK dan PRK jarang ditanggung oleh asuransi kesehatan.

Keratotomi astigmatik, atau sayatan relaksasi limbus, adalah pilihan lain. Dokter bedah membuat sayatan kecil pada lekukan kornea Anda yang paling curam. Ini memungkinkan cahaya fokus lebih tepat pada retina Anda.

Astigmatisme Dalam Anak-anak

Banyak bayi lahir dengan astigmatisme, dan seringkali hilang sebelum ulang tahun pertama mereka. Seorang anak dengan kondisi penglihatan yang tidak diobati mungkin mengalami kesulitan di sekolah. Hal ini dapat menyebabkan diagnosis yang salah dari gangguan belajar.

Karena anak-anak biasanya tidak dapat mengetahui bahwa ada masalah dengan penglihatan mereka, mereka memerlukan pemeriksaan mata secara teratur mulai usia sekitar 6 bulan.

Pencegahan Astigmatism

.Tidak ada cara yang diketahui untuk mencegah astigmatisme. Jika Anda berisiko terkena keratoconus, sebaiknya jangan menggosok mata Anda sebanyak mungkin



Our Vision


No person with a blinding condition, eye disease, or visual impairment should be without hope, understanding, and treatment.


Contact Us


Hubungi Kami

(031) 8495502, (031) 8433050
082143717979 ( WA only)


Kunjungi Kami

Jalan Raya Jemursari No. 108,
Surabaya, Indonesia


Email Kami

admin@surabayaeyeclinic.id



Lokasi Kami



Media Sosial


Instagram


facebook


Twitter


Youtube




CopyRight, 2024 | Managed by Markbro




WeCreativez WhatsApp Support
Tim CS Kami Siap Membantu Anda. Silahkan Tanya Kami!