Tips Memilih Lampu yang Aman Bagi Mata

July 10, 2024 by markbro
artikel-2024-07-10T154444.601.png

Saat membeli lampu untuk penerangan di rumah, pilihan warna dan intensitas cahaya sering kali lebih penting daripada kesehatan mata. Menurut penelitian, paparan bola lampu yang sangat terang selama lebih dari 45 jam seminggu dapat meningkatkan risiko katarak dan pterigium. Beberapa alasan untuk hal ini termasuk:

  • Flicker
    Lampu memancarkan sinar yang berkedip atau flicker. Tidak semua orang dapat menerima hal ini. Kondisi ini dapat menyebabkan mata lelah, yang dapat mengganggu penglihatan bagi orang yang sensitif terhadap cahaya.
  • Sinar biru
    Paparan sinar biru dari lampu dapat berbahaya bagi mata karena dapat menyebabkan toksisitas pada saraf mata atau retina. Selain itu, paparan sinar biru juga dapat meningkatkan risiko munculnya katarak. Selain itu, paparan sinar biru yang berlebihan dapat menyebabkan masalah tidur, peningkatan risiko degenerasi makula, dan peningkatan risiko kanker mata.
  • Sinar ultraviolet (UV)
    Dengan kadar yang berbeda, setiap lampu memancarkan sinar ultraviolet. Lampu berbentuk spiral memancarkan intensitas sinar ultraviolet yang melebihi batas toleransi, yang dapat mengganggu kesehatan mata dan bersifat karsinogenik (memicu kanker).
  • Toksin
    Meskipun beberapa lampu tidak mengandung merkuri, beberapa memiliki toksin timbal, arsen, dan sejumlah racun lainnya yang perlu diperhatikan.

 

Cara Memilih Lampu yang Aman

Berikut cara memilih lampu yang aman bagi mata Anda:

  • Hindari Bola Lampu Putih Terang
    Bola lampu jenis ini paling umum digunakan karena murah dan mudah ditemukan. Namun, bola lampu putih terang memancarkan sinar kebiruan yang berbahaya bagi mata.
  • Idealnya, gunakan lampu pijar, LED, atau halogen
    Lampu pijar, lampu LED, dan lampu halogen dianggap aman bagi mata. Anda juga dapat menggunakan lampu Compact Fluorescent (CFL) berwarna putih untuk menerangi ruang kerja Anda; namun, jangan lupa bahwa lampu jenis ini masih memancarkan sinar ultraviolet (UV).

 

Jika Anda merasakan gangguan mata yang berkelanjutan, segera kunjungi Surabaya Eye Clinic untuk mendapatkan perawatan dan pengobatan yang tepat bagi mata Anda.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi kami di:

  • (031) 8495502
  • (031) 8433050
  • 082143717979 (WA only)

Atau Anda bisa kunjungi Surabaya Eye Clinic di Jalan Raya Jemursari No. 108, Surabaya, Indonesia

markbro



Our Vision


No person with a blinding condition, eye disease, or visual impairment should be without hope, understanding, and treatment.


Contact Us


Hubungi Kami

(031) 8495502, (031) 8433050
082143717979 ( WA only)


Kunjungi Kami

Jalan Raya Jemursari No. 108,
Surabaya, Indonesia


Email Kami

admin@surabayaeyeclinic.id



Lokasi Kami



Media Sosial


Instagram


facebook


Twitter


Youtube




CopyRight, 2024 | Managed by Markbro




WeCreativez WhatsApp Support
Tim CS Kami Siap Membantu Anda. Silahkan Tanya Kami!