Apa yang Membedakan Air Mata yang Mengalir saat Anda Bahagia atau Sedih?

April 15, 2024 by markbro
artikel-2024-04-15T104410.443.png

Tidak selalu mudah untuk membedakan air mata sedih dan bahagia. Saat Anda tahu mengapa seseorang menangis, Anda baru bisa membedakannya. Saat Anda mengalami perubahan emosi, seperti sedih, bahagia, sakit, atau bahkan marah, menangis adalah respons yang wajar.

Menurut situs American Psychological Association, menangis adalah cara untuk menyampaikan emosi. Oleh karena itu, faktor paling mendasar yang membedakan air mata bahagia atau sedih adalah emosi yang sedang Anda rasakan saat itu. Selain menangis karena sedih atau bahagia, menangis juga bisa karena perubahan emosi lainnya seperti sakit, kecewa, marah, atau simpati. Menangis menghilangkan racun dari tubuh dan menjaga keseimbangan emosional. Tidak ada alasan untuk enggan melakukannya.

 

Alasan Kenapa Kita Menangis Saat Sedih atau Bahagia

Setelah mengetahui bagaimana air mata sedih dan bahagia berbeda, Anda mungkin bertanya-tanya mengapa seseorang menangis saat mengalami perubahan emosi. Meskipun setiap orang mungkin memiliki alasan yang berbeda-beda untuk menangis, ini adalah beberapa alasan umum mengapa orang menangis:

  • Emosi tidak stabil
    Menurut Oriana Aragon dari Association for Psychological Science, tubuh Anda akan mengeluarkan air mata secara otomatis ketika Anda sedih atau bahagia karena tubuh Anda mengeluarkan emosi yang berlebihan untuk menyeimbangkannya kembali.
  • Tubuh Anda sedang mengalami stress
    Tidak hanya menghadapi beban berat, stres juga bisa terjadi saat mengalami tekanan emosi, seperti saat terlalu sedih atau terlalu gembira. Studi yang diterbitkan oleh jurnal Personality and Individual Differences menunjukkan bahwa banyak wanita Jerman memilih menangis untuk menghilangkan tekanan.
  • Mencari empati
    Meskipun perbedaan antara air mata bahagia dan sedih terletak pada emosi yang Anda alami, faktanya keduanya dilakukan untuk mencari perhatian, simpati, atau dukungan. Orang adalah sosial. Anda pasti membutuhkan dukungan dari orang lain saat mengalami kesulitan emosi. Saat Anda bahagia atau berduka, Anda ingin membaginya dengan orang lain. Anda menangis, secara tidak langsung menunjukkan kepada orang lain bahwa Anda bahagia atau sedih.
  • Sebagai cara untuk berempati
    Menangis bukan hanya karena kondisi Anda berubah. Faktor-faktor individu juga dapat berperan. Misalnya, ketika Anda menyaksikan peristiwa yang menyedihkan, mengharukan, atau membahagiakan, Anda mungkin tanpa sadar menangis bersama orang lain, meskipun Anda bukan orang yang mengalaminya. Ini lagi-lagi disebabkan oleh fakta bahwa manusia adalah makhluk sosial yang memiliki sifat empati. Jika Anda mengalami perasaan ini, Anda merasa seperti Anda memiliki hak untuk merasakan emosi orang lain.

 

Jika Anda merasakan gangguan mata yang berkelanjutan, segera kunjungi Surabaya Eye Clinic untuk mendapatkan perawatan dan pengobatan yang tepat bagi mata Anda.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi kami di:

  • (031) 8495502
  • (031) 8433050
  • 082143717979 (WA only)

Atau Anda bisa kunjungi Surabaya Eye Clinic di Jalan Raya Jemursari No. 108, Surabaya, Indonesia

markbro



Our Vision


No person with a blinding condition, eye disease, or visual impairment should be without hope, understanding, and treatment.


Contact Us


Hubungi Kami

(031) 8495502, (031) 8433050
082143717979 ( WA only)


Kunjungi Kami

Jalan Raya Jemursari No. 108,
Surabaya, Indonesia


Email Kami

admin@surabayaeyeclinic.id



Lokasi Kami



Media Sosial


Instagram


facebook


Twitter


Youtube




CopyRight, 2024 | Managed by Markbro




WeCreativez WhatsApp Support
Tim CS Kami Siap Membantu Anda. Silahkan Tanya Kami!