Mari Mengenal Hipermetropi

January 17, 2024 by markbro
artikel-2024-01-17T094117.823.png

Hipermetropia atau sering juga disebut dengan rabun jauh merupakan kelainan yang menyebabkan Anda kesulitan melihat benda dekat dengan jelas. Kondisi ini merupakan kebalikan dari rabun jauh atau rabun jauh. Dalam beberapa situasi hiperopia parah, pasien mungkin hanya melihat objek yang jaraknya sangat jauh. Rabun jauh biasanya diturunkan dalam keluarga. Gejala hiperopia sebanding dengan gejala presbiopia pada orang lanjut usia.

Rabun jauh dapat diatasi dengan menggunakan kacamata plus atau lensa kontak. Pilihan lain untuk mengatasi masalah mata plus ini adalah operasi.

 

Gejala Hipermetropi

Hipermetropi terjadi ketika optik mata manusia terlalu lemah sehingga mengharuskan otot mata bekerja lebih keras agar dapat melihat dengan jelas. Pasien dengan rabun dekat ringan mungkin tidak menunjukkan gejala apa pun.

Namun, Anda mungkin juga mengalami gejala rabun dekat, seperti:

  • Hal-hal di sekitar tampak kabur.
  • Nyeri atau kelelahan di sekitar mata
  • Gelisah dan lelah
  • Menyipitkan mata untuk melihat lebih jelas.
  • Anak-anak dengan strabismus (mata juling) mungkin mengalami sakit kepala atau pusing saat membaca.

Kebanyakan anak penderita rabun jauh tidak menunjukkan gejala seperti penglihatan kabur. Selama rabun jauh anak tidak terlalu parah, maka ia dapat melihat dengan jelas baik benda jauh maupun dekat.

 

Penyebab Hipermetropi

Untuk melihat, sinar cahaya harus dibelokkan atau dibiaskan oleh lapisan air mata, kornea, dan lensa agar terkonsentrasi dan mendarat langsung di retina. Retina menerima gambar dari cahaya ini dan mengirimkannya ke otak melalui saraf optik.

Gambar atau cahaya yang masuk ke mata tidak jatuh (atau dibiaskan) langsung pada retina, melainkan di belakang retina sehingga menyebabkan hipermetropia. Rabun jauh dapat disebabkan oleh mata yang pendek atau kornea yang tidak bengkok.

Lensa terletak jauh di belakang mata dibandingkan mata pada umumnya. Dalam keadaan yang jarang terjadi, masalah kesehatan lain, seperti retinopati atau kanker mata, menjadi penyebabnya.

 

Jika Anda merasakan gangguan mata yang berkelanjutan, segera kunjungi Surabaya Eye Clinic untuk mendapatkan perawatan dan pengobatan yang tepat bagi mata Anda.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi kami di:

  • (031) 8495502
  • (031) 8433050
  • 082143717979 (WA only)

Atau Anda bisa kunjungi Surabaya Eye Clinic di Jalan Raya Jemursari No. 108, Surabaya, Indonesia

markbro



Our Vision


No person with a blinding condition, eye disease, or visual impairment should be without hope, understanding, and treatment.


Contact Us


Hubungi Kami

(031) 8495502, (031) 8433050
082143717979 ( WA only)


Kunjungi Kami

Jalan Raya Jemursari No. 108,
Surabaya, Indonesia


Email Kami

admin@surabayaeyeclinic.id



Lokasi Kami



Media Sosial


Instagram


facebook


Twitter


Youtube




CopyRight, 2024 | Managed by Markbro




WeCreativez WhatsApp Support
Tim CS Kami Siap Membantu Anda. Silahkan Tanya Kami!