Apakah Bisa Rabun Jauh Menular Karena Keturunan

October 27, 2023 by markbro
artikel-62.png

Rabun jauh atau yang sering disebut dengan miopia adalah suatu kondisi di mana mata tidak mampu melihat objek yang letaknya agak jauh dengan jelas. Sebaliknya, objek yang dekat biasanya dapat terlihat cukup jelas. Miopia adalah istilah lain untuk penyakit ini.

Masalah penglihatan ini terkadang diasumsikan terutama menyerang orang lanjut usia. Pasalnya, usia dianggap membuat organ tubuh “lelah” dan kehilangan fungsinya. Namun, penyakit ini terbukti juga dapat menyerang anak kecil dan diturunkan melalui faktor genetik!

 

Pada kenyataannya, masih belum diketahui apa penyebab kerusakan mata yang berujung pada rabun jauh. Namun, beberapa ahli berpendapat bahwa rabun jauh dapat disebabkan oleh dua faktor: keturunan dan pengaruh lingkungan.

Meski belum diketahui secara pasti, anak yang orang tuanya menderita rabun jauh berisiko mengalami kondisi tersebut sebagai “penyakit keturunan”. Anak-anak yang memiliki orang tua rabun jauh dianggap berisiko lebih tinggi terkena gangguan tersebut.

 

Selain karena faktor keturunan, kondisi ini juga bisa muncul pada anak karena faktor lingkungan dan perilaku. Misalnya, menonton televisi yang berlebihan, penggunaan komputer, dan membaca buku dengan cara yang salah, terutama dengan iluminasi yang buruk. Praktik -praktik ini menyebabkan mata bekerja lebih keras dan lebih rentan terhadap kerusakan.

markbro



Our Vision


No person with a blinding condition, eye disease, or visual impairment should be without hope, understanding, and treatment.


Contact Us


Hubungi Kami

(031) 8495502, (031) 8433050
082143717979 ( WA only)


Kunjungi Kami

Jalan Raya Jemursari No. 108,
Surabaya, Indonesia


Email Kami

admin@surabayaeyeclinic.id



Lokasi Kami



Media Sosial


Instagram


facebook


Twitter


Youtube




CopyRight, 2024 | Managed by Markbro




WeCreativez WhatsApp Support
Tim CS Kami Siap Membantu Anda. Silahkan Tanya Kami!