Kenapa Buta Warna Bisa Terjadi

October 21, 2023 by markbro
artikel-68.png

Buta warna merupakan gangguan penglihatan dimana mata tidak dapat melihat warna secara normal. Kondisi ini menyebabkan penderita kesulitan membedakan warna tertentu (buta warna parsial) atau bahkan semua warna (buta warna total). Buta warna adalah kelainan yang dialami sebagian besar orang sejak lahir. Penyakit ini lebih banyak menyerang laki-laki dibandingkan perempuan. Buta warna merupakan kondisi kronis. Untuk membantu pasien menyesuaikan diri dengan kondisinya, dokter akan meresepkan pengobatan berdasarkan jenis buta warna yang dideritanya.

 

Penyebab Buta Warna

Sel saraf khusus di mata merespons warna dan cahaya. Sel-sel ini merasakan tiga pigmen warna, yaitu merah, hijau, dan biru, selain terang dan gelap. Otak kemudian akan memutuskan persepsi warna berdasarkan apa yang dirasakan sel mata. Sel-sel yang mempersepsikan pigmen warna hancur atau tidak berfungsi pada orang yang buta warna. Akibatnya, mata tidak dapat membedakan beberapa warna, apalagi semuanya.

Penyebab buta warna terbagi menjadi tiga, yakni sebagai berikut:

  • Turunan
    Buta warna biasanya diturunkan dari orang tua ke anak. Dalam kebanyakan kasus, buta warna herediter mempengaruhi kedua mata. Buta warna pada kelainan genetik dapat bersifat ringan, sedang, atau berat, dengan tingkat keparahan yang tetap konstan hingga kematian penderitanya.
  • Diperoleh
    Selain faktor keturunan, keadaan berikut mungkin menyebabkan buta warna di kemudian hari:

    • Gangguan tertentu, seperti anemia sel sabit, diabetes, degenerasi makula, penyakit Alzheimer, multiple sclerosis, glaukoma, penyakit Parkinson, leukemia, atau alkoholisme, dapat mengganggu penglihatan warna.
    • Efek samping obat antara lain digoksin, etambutol, fenitoin, sildenafil, dan hidroksiklorokuin.
    • Paparan bahan kimia, seperti karbon disulfida yang digunakan dalam bisnis rayon, atau stirena yang digunakan dalam industri plastik dan karet
    • Cedera mata, seperti yang disebabkan oleh kecelakaan atau benturan
  • Penuaan
    Buta warna juga bisa disebabkan oleh usia seseorang. Seiring bertambahnya usia, kemampuan mata Anda untuk merasakan cahaya dan warna menurun, sehingga semakin sulit membedakan warna. Masalah ini akan semakin parah pada seseorang yang menderita katarak.

markbro



Our Vision


No person with a blinding condition, eye disease, or visual impairment should be without hope, understanding, and treatment.


Contact Us


Hubungi Kami

(031) 8495502, (031) 8433050
082143717979 ( WA only)


Kunjungi Kami

Jalan Raya Jemursari No. 108,
Surabaya, Indonesia


Email Kami

admin@surabayaeyeclinic.id



Lokasi Kami



Media Sosial


Instagram


facebook


Twitter


Youtube




CopyRight, 2024 | Managed by Markbro




WeCreativez WhatsApp Support
Tim CS Kami Siap Membantu Anda. Silahkan Tanya Kami!