Tips Aman Menggunakan Lensa Kontak

November 17, 2023 by markbro
artikel-2023-11-17T141909.430.png

Lensa kontak bersifat halus dan rentan menimbulkan kesulitan karena menempel langsung pada mata. Namun, selama dimanfaatkan dengan baik, hal-hal yang tidak diinginkan dapat dihindari. Saat memakai lensa kontak, Anda harus memperhatikan hal-hal berikut:

  1. Sebelum memegang lensa kontak, selalu cuci tangan Anda
    Meskipun tangan Anda tampak bersih, tangan Anda mungkin mengandung kuman. Jadi, sebelum memegang lensa, bersihkan secara menyeluruh. Apakah Anda ingin memakainya atau melepasnya. Cuci tangan Anda dengan sabun dan air. Jangan lupa untuk mengeringkannya secara menyeluruh.
  2. Bersihkan Lensa Secara Teratur
    Membersihkan lensa secara rutin sangatlah penting. Gunakan hanya cairan tertentu untuk membersihkannya, bukan air keran, air minum, atau cairan lainnya. Biarkan lensa terendam dalam larutan selama waktu yang ditentukan sebelum memasukkannya ke dalam mata. Bilas lensa beberapa kali dengan cairan pembersih setelah dikeluarkan. Anda juga dapat memijat lembut lensa di tangan Anda dengan cairan.
  3. Pertimbangkan kapan harus memakai lensa kontak
    Setiap lensa kontak memiliki batasan waktu penggunaannya masing-masing. Ada yang harus dibuang setelah satu kali pemakaian, ada yang setelah seminggu, dan ada pula yang setelah berbulan-bulan.
  4. Rawat Kotak Lensa Kontak
    Banyak orang fokus pada pembersihan tangan dan perawatan lensa kontak, namun sering mengabaikan wadahnya. Faktanya, jika kotak lensa tidak dibersihkan secara menyeluruh, bakteri bisa berkembang biak.
  5. Saat merias wajah, gunakanlah dengan urutan yang benar
    Lensa kontak populer di kalangan wanita karena alasan kosmetik. Boleh, asalkan mengikuti urutan yang benar jika ingin memakai riasan juga. Berusahalah semaksimal mungkin untuk menjauhkan barang-barang mempercantik dari lensa. Urutan yang benar adalah dengan memakai lensa terlebih dahulu, baru kemudian merias wajah agar tidak terkena riasan pada lensa. Namun, jika ingin membersihkan riasan, Anda harus menghapusnya terlebih dahulu. Jika Anda ingin menggunakan hairspray, berhati-hatilah agar tidak mengenai mata Anda.
  6. Lensa kontak sebaiknya tidak digunakan saat mandi atau berenang
    Hindari mandi sambil menggunakan lensa kontak, dan keluarkan sebelum menggunakan bak mandi air panas atau berenang. Organisme kecil di dalam air dapat menyebabkan infeksi mata.
  7. Jangan tidur dengan lensa kontak Anda
    Tidur dengan lensa kontak di tempat meningkatkan risiko infeksi mata. Oleh karena itu, lebih baik melepas lensa sebelum tidur. Kecuali Anda sudah berkonsultasi dengan dokter dan dokter sudah memberikan izin. Beberapa lensa kontak mungkin digunakan pada malam hari.

markbro



Our Vision


No person with a blinding condition, eye disease, or visual impairment should be without hope, understanding, and treatment.


Contact Us


Hubungi Kami

(031) 8495502, (031) 8433050
082143717979 ( WA only)


Kunjungi Kami

Jalan Raya Jemursari No. 108,
Surabaya, Indonesia


Email Kami

admin@surabayaeyeclinic.id



Lokasi Kami



Media Sosial


Instagram


facebook


Twitter


Youtube




CopyRight, 2024 | Managed by Markbro




WeCreativez WhatsApp Support
Tim CS Kami Siap Membantu Anda. Silahkan Tanya Kami!