Bagaimana Cara Mencegah Kebutaan Akibat Glaukoma

June 26, 2024 by markbro
artikel-2024-06-26T134206.607.png

Glaukoma adalah kerusakan saraf mata yang terjadi karena tekanan tekanan intraokular pada bola mata. Penyakit ini berbahaya karena dapat menyebabkan kebutaan. Tidak ada cara untuk mencegah glaukoma memburuk hingga menyebabkan kerusakan indra penglihatan, yang berarti kebutaan. Namun, ada beberapa cara untuk mencegah glaukoma memburuk hingga menyebabkan kebutaan.

 

Metode Pencegahan Kebutaan Akibat Glaukoma

Di bawah ini sejumlah cara mencegah kehilangan penglihatan akibat glaukoma yang penting diketahui:

  • Melakukan Pemeriksaan Mata Berkala
    Kelompok orang yang berisiko tinggi mengidap glaukoma termasuk mereka yang memiliki riwayat keluarga pengidap glaukoma, diabetes, atau tekanan darah tinggi (hipertensi). Sangat penting untuk menjalani pemeriksaan mata secara teratur. Pemeriksaan mata dapat membantu mencegah glaukoma tahap awal, yang dapat mengurangi risiko kerusakan mata yang parah.
  • Olahraga Rutin dan Teratur
    Seseorang yang menderita glaukoma dapat mengurangi tekanan bola mata mereka dengan berolahraga secara teratur, yang idealnya terjadi tiga kali atau lebih setiap pekan. Untuk penderita glaukoma, jalan kaki dan jogging sangat disarankan. Pengidap glaukoma juga dapat melakukan senam aerobik sebanyak 3 hingga 4 kali setiap minggunya, dengan durasi minimal 25 menit per sesi. Selain itu, penderita glaukoma juga dapat melakukan aktivitas fisik seperti bersepeda, zumba, dan renang, karena latihan rutin dapat membantu mengurangi tekanan pada bola mata. Hal ini karena aktivitas tersebut dapat mengurangi faktor risiko diabetes dan hipertensi, yang merupakan faktor risiko glaukoma.
  • Jangan menggunakan obat tetes mata kecuali telah diresepkan oleh dokter Anda
    Dengan menggunakan obat tetes mata glaukoma yang diresepkan dokter secara teratur, kemungkinan kerusakan mata dapat diminimalkan. Obat mata ini membantu mengurangi tekanan yang terletak pada bola mata. Bahkan jika Anda tidak mengalami gejala glaukoma, gunakan obat tetes mata secara teratur untuk memaksimalkan manfaatnya.
  • Jangan lupa menggunakan kacamata pelindung
    Glaukoma dapat terjadi karena cedera mata yang serius, jadi gunakan kacamata pelindung untuk mencegahnya. Kacamata khusus ini utamanya digunakan dalam olahraga yang dapat membahayakan mata, seperti tenis atau badminton. Ketika Anda terlibat dalam proyek bangunan, pastikan untuk memakai kacamata pelindung. Pasien glaukoma harus mengontrol kondisinya untuk menjaga kesehatan mata mereka. Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mencegah glaukoma memburuk hingga menyebabkan kebutaan.

 

Jika Anda merasakan gangguan mata yang berkelanjutan, segera kunjungi Surabaya Eye Clinic untuk mendapatkan perawatan dan pengobatan yang tepat bagi mata Anda.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi kami di:

  • (031) 8495502
  • (031) 8433050
  • 082143717979 (WA only)

Atau Anda bisa kunjungi Surabaya Eye Clinic di Jalan Raya Jemursari No. 108, Surabaya, Indonesia

markbro



Our Vision


No person with a blinding condition, eye disease, or visual impairment should be without hope, understanding, and treatment.


Contact Us


Hubungi Kami

(031) 8495502, (031) 8433050
082143717979 ( WA only)


Kunjungi Kami

Jalan Raya Jemursari No. 108,
Surabaya, Indonesia


Email Kami

admin@surabayaeyeclinic.id



Lokasi Kami



Media Sosial


Instagram


facebook


Twitter


Youtube




CopyRight, 2024 | Managed by Markbro




WeCreativez WhatsApp Support
Tim CS Kami Siap Membantu Anda. Silahkan Tanya Kami!