Faktor yang Menyebabkan Mata Bayi Merah

April 4, 2024 by markbro

Ibu sering panik ketika mata bayi mereka tiba-tiba merah, kan? Bayi memiliki mata merah yang cukup umum, tetapi ini tidak boleh dibiarkan begitu saja. Mari, ketahui lebih lanjut tentang penyebab mata bayi merah dan cara mengobatinya.

 

Kenapa Mata Bayi bisa Memerah

Bayi mungkin memiliki mata merah karena berbagai alasan, mulai dari tanda mengantuk hingga kondisi medis yang lebih serius. Pada kebanyakan kasus, penyebab mata merah bayi tidak berbahaya. Namun, beberapa penyebab dapat menular dan harus diperiksa segera oleh dokter. Dokter mungkin memeriksa mata bayi Anda dan menanyakan gejalanya. Dalam kasus ini, perawatan yang diberikan akan bergantung pada penyebab mata merah. Jika bayi Anda memiliki mata merah, berikut adalah beberapa penyebabnya dan cara mengobatinya.

  • Konjungtivitis
    Peradangan yang disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri menyebabkan konjungtivitis, yang menyebabkan mata bagian putih menjadi berwarna merah muda atau merah. Gejala lain yang sering terjadi adalah mata gatal, berair, dan keluar cairan kuning kental yang dapat berkerak. Jenis konjungtivis bayi yang paling umum adalah sebagai berikut.

    • Konjungtivitis inklusi (klamidia)
      Kondisi ini dapat menular dari ibu ke bayinya selama persalinan. Bayi mengalami gejala seperti mata merah, pembengkakan kelopak mata, dan keluar nanah, yang biasanya muncul antara lima dan dua belas hari setelah kelahiran.
    • Konjungtivitis gonokokal
      Ini dapat berkembang pada bayi baru lahir menjadi bakteriemia (infeksi serius pada aliran darah) atau meningitis (infeksi serius pada lapisan otak dan sumsum tulang belakang). Selain kemerahan pada mata, ada nanah kental dan bengkak di mata.
    • Konjungtivitis kimia
      Obat tetes mata yang diberikan kepada bayi baru lahir untuk membantu mencegah infeksi bakteri yang dapat mengiritasi dapat menyebabkan konjungtivitis kimia. Kondisi ini ditandai dengan kemerahan dan pembengkakan kelopak mata selama 24-36 jam. Bayi yang mengalami konjungtivitis mungkin mengalami kemerahan pada matanya sendiri atau dengan bantuan obat. Dokter juga mungkin menyarankan untuk mengeluarkan cairan bayi, membersihkan matanya, dan memberikan kompres dingin. Jika mata merah tidak hilang selama lebih dari dua minggu, Anda harus berkonsultasi dengan dokter lagi

 

  • Iritasi
    Iritasi juga dapat menyebabkan mata bayi kemerahan karena beberapa hal, seperti:

    • rokok,
    • parfum,
    • solar screen,
    • sampo, dan
    • klorin dalam kolam air.

Iritan biasanya menyebabkan mata bayi merah, yang dapat hilang dengan sendirinya jika bayi Anda keluar dari area iritan atau setelah Anda membersihkannya dari rumah. Namun, cara lain untuk mengatasi mata merah akibat iritasi pada bayi adalah dengan membersihkannya dengan air jika ada sesuatu yang tersangkut di matanya. Anda juga bisa mengeluarkannya dengan cotton bud basah.

 

  • Alergi
    Jika anak sensitif terhadap alergen dan terpapar alergen, terutama di mata, mereka dapat menghasilkan histamin untuk melawan alergen. Ini menyebabkan mata bayi Anda menjadi merah, bengkak, dan gatal. Tetapi alergi jarang terjadi pada bayi di bawah satu tahun. Namun, bayi Anda mungkin mengalami alergi terhadap debu, serbuk sari, atau asap yang menyebabkan mata kemerahan, gatal, bengkak, berair, dan hidung meler. Cara terbaik untuk mengatasi mata bayi yang kemerahan karena alergi adalah menghindari hal-hal yang dapat menyebabkan alergi. Jika ini tidak dapat dilakukan, dokter mungkin meresepkan antihistamin agar bayi Anda merasa lebih baik.

 

  • Saluran air mata tersumbat
    Menurut Baby Center, setidaknya 20% bayi baru lahir mengalami penyumbatan saluran air mata. Bayi yang memiliki penyumbatan saluran air mata dapat mengalami gejala konjungtivitis, yaitu keluarnya cairan putih atau kuning dan mata yang kemerahan. Saluran air mata yang tersumbat seringkali akan hilang sendirinya, terutama pada bayi di bawah usia enam bulan. Dokter mungkin meminta Anda untuk memijat mata anak Anda beberapa kali setiap hari jika saluran air matanya tersumbat. Salah satu cara untuk mengatasi mata bayi merah adalah memijatnya untuk membuka sumbatan. Namun, temui dokter mata segera jika saluran air mata si Kecil tidak kunjung terbuka dengan sendirinya atau jika ada infeksi di matanya. Dokter mata akan memeriksa mata Anda untuk menemukan masalah tambahan dan, jika diperlukan, dapat mengobati penyumbatan dengan operasi.

 

  • Flu
    Anda mungkin tidak menyadari fakta bahwa flu bayi juga dapat menyebabkan mata merah. Selain itu, sistem kekebalan tubuh bayi belum sempurna, yang membuat mereka lebih rentan terhadap penyakit termasuk flu yang sering menular. Gejala flu pada anak hampir sama dengan orang dewasa, tetapi lebih parah pada anak di bawah usia dua tahun dan dengan kondisi kronis seperti jantung, paru-paru, atau masalah neurologis. Di sisi lain, perawatan medis biasanya tidak diperlukan untuk flu. Dokter terkadang meresepkan obat antivirus untuk anak-anak yang terkena flu. Obat ini bekerja paling baik jika diberikan kepada si Kecil dalam dua hari pertama dia terkena flu. Ini dapat membuat gejala flu menjadi lebih ringan dan mempersingkat penyakit dalam beberapa hari.

 

Jika Anda merasakan gangguan mata yang berkelanjutan, segera kunjungi Surabaya Eye Clinic untuk mendapatkan perawatan dan pengobatan yang tepat bagi mata Anda.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi kami di:

  • (031) 8495502
  • (031) 8433050
  • 082143717979 (WA only)

Atau Anda bisa kunjungi Surabaya Eye Clinic di Jalan Raya Jemursari No. 108, Surabaya, Indonesia

markbro



Our Vision


No person with a blinding condition, eye disease, or visual impairment should be without hope, understanding, and treatment.


Contact Us


Hubungi Kami

(031) 8495502, (031) 8433050
082143717979 ( WA only)


Kunjungi Kami

Jalan Raya Jemursari No. 108,
Surabaya, Indonesia


Email Kami

admin@surabayaeyeclinic.id



Lokasi Kami



Media Sosial


Instagram


facebook


Twitter


Youtube




CopyRight, 2024 | Managed by Markbro




WeCreativez WhatsApp Support
Tim CS Kami Siap Membantu Anda. Silahkan Tanya Kami!