Bagi yang Suka Membaca Harus Tahu Nih! Bagaiamana Posisi Membaca yang Aman Bagi Mata

March 1, 2024 by markbro
artikel-2024-03-01T095800.675.png

Kesehatan mata dapat dipengaruhi oleh posisi membaca yang berkaitan dengan postur tubuh, jarak antara objek dengan mata, dan intensitas penerangan. Misalnya, membaca di tempat gelap atau saat tidur dapat menyebabkan rabun jauh (miopi) dan gangguan penglihatan lainnya. Oleh karena itu, sangat penting untuk melakukannya dengan benar setiap kali Anda membaca. Saat membaca ulasan berikut, mari kita ketahui posisi tubuh yang ideal.

 

Tips Menerapkan Posisi Membaca yang Benar

Dalam situasi tertentu, membaca dapat bermanfaat bagi kesehatan Anda. Anda tidak hanya dapat mempertahankan ketajaman penglihatan, tetapi juga mengurangi kelelahan mata, meningkatkan sirkulasi darah, dan tentu saja meningkatkan kosentrasi.

Karena membaca adalah bagian dari aktivitas sehari-hari, hal ini semakin penting untuk dilakukan.

Membaca dalam posisi yang benar sangat penting tidak hanya untuk buku tetapi juga ketika Anda menggunakan laptop atau smartphone. Untuk melakukannya, Anda perlu memperhatikan beberapa hal:

  • Atur jarak antara mata dan objek yang dibaca
    Saat membaca, jaga jarak antara mata Anda dan objek yang Anda baca. Karena jarak pandang cenderung menjadi lebih dekat, membaca sambil berbaring tidak disarankan. Jarak ideal antara mata dan objek bacaan adalah 25-30 sentimeter (cm). Selain itu, perhatikan sudut pandang dan arah mata Anda. Saat membaca, pandangan mata Anda idealnya membentuk sudut 60 derajat dengan objek yang Anda baca. Artinya, objek harus terlihat, tetapi tidak terlalu rendah.
    Untuk mengetahui posisi membaca yang tepat ini, pastikan siku tangan sejajar dengan permukaan meja di mana laptop atau buku diletakkan. Selama Anda membaca, sangat penting untuk tetap duduk tegak dan tidak bergerak mendekati apa pun yang Anda baca. Untuk membuatnya lebih nyaman, Anda bisa menggunakan alat seperti penyanggah buku untuk memastikan buku tetap tegak.
  • Berikan waktu sejenak untuk mengistirahatkan mata
    Mata bekerja keras saat membaca buku atau menatap layar. Hal ini dapat menyebabkan mata kering dan kelelahan yang cepat. Akibatnya, sangat penting untuk berhenti sejenak dari aktivitas Anda untuk mengalihkan pandangan Anda. Menurut Mayo Clinic, senam mata dengan aturan 20–20–20 membantu meningkatkan fokus dan mencegah mata lelah.
    Jadi, Anda akan fokus membaca dalam posisi yang benar selama dua puluh menit. Setelah itu, Anda bisa menjauhkan pandangan Anda dari objek yang sedang Anda baca dan fokus pada objek yang berjarak sekitar dua puluh inci atau lima puluh sentimeter dari Anda selama dua puluh detik. Anda juga dapat memejamkan mata selama berjam-jam setelah membaca. Intinya, Pastikan mata Anda mendapatkan cukup istirahat.
  • Duduk dengan tubuh tegak
    Setiap orang harus membaca sambil duduk dengan punggung tegak dan kaki lurus. Tujuannya adalah untuk mempercepat aliran darah ke seluruh tubuh. Jika Anda sering membaca dalam waktu yang lama, pastikan Anda duduk di kursi dengan sandaran yang nyaman untuk menopang tubuh Anda.
    Berbagai keluhan seperti nyeri punggung, kaku leher, dan pegal di bahu dapat dihindari dengan membaca dengan duduk tegak. Selama membaca, jangan menundukkan kepala atau membungkukkan bahu mendekati apa yang Anda baca.
  • Maksimalkan pencahayaan dalam ruangan
    Untuk melihat objek bacaan dengan jelas, pencahayaan ruangan sangat penting. Meskipun demikian, pencahayaan yang sangat terang bukan berarti lebih baik untuk mata. Membaca di tempat yang terlalu terang juga bisa membuat mata silau, dan membaca di tempat yang redup juga bisa membuat mata buram. Kedua kondisi ini sama-sama dapat menyebabkan Anda kesulitan untuk fokus membaca dan kering mata dengan cepat, meskipun Anda sudah membaca dengan benar.
    Oleh karena itu, ketika membaca di dalam ruangan, pastikan pencahayaan mata cukup. Intensitas cahaya yang tepat juga harus disesuaikan dengan besarnya ruangan. Anda juga bisa menjaga cahaya terfokus pada objek sehingga mata dapat melihatnya sepenuhnya. Mengarahkan lampu tepat ke meja adalah caranya.

 

Jika Anda merasakan gangguan mata yang berkelanjutan, segera kunjungi Surabaya Eye Clinic untuk mendapatkan perawatan dan pengobatan yang tepat bagi mata Anda.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi kami di:

  • (031) 8495502
  • (031) 8433050
  • 082143717979 (WA only)

Atau Anda bisa kunjungi Surabaya Eye Clinic di Jalan Raya Jemursari No. 108, Surabaya, Indonesia

markbro



Our Vision


No person with a blinding condition, eye disease, or visual impairment should be without hope, understanding, and treatment.


Contact Us


Hubungi Kami

(031) 8495502, (031) 8433050
082143717979 ( WA only)


Kunjungi Kami

Jalan Raya Jemursari No. 108,
Surabaya, Indonesia


Email Kami

admin@surabayaeyeclinic.id



Lokasi Kami



Media Sosial


Instagram


facebook


Twitter


Youtube




CopyRight, 2024 | Managed by Markbro




WeCreativez WhatsApp Support
Tim CS Kami Siap Membantu Anda. Silahkan Tanya Kami!